Peristiwa-Peristiwa Penting di Hari ke-6 Bulan Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 07 Apr 2022 22:53 WIB

 Peristiwa-peristiwa Penting di Hari ke-6 Bulan Ramadhan. Foto:  Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Peristiwa-peristiwa Penting di Hari ke-6 Bulan Ramadhan. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO–Pada hari keenam Ramadhan, banyak peristiwa penting tercatat terkait keagamaan. Sejarah penting seperti turunnya kitab Taurat kepada Nabiyullah Musa AS menjadi salah satu peristiwa yang terjadi. 

Dilansir dari Elbalad, Kamis (7/4/2022), banyak yang terjadi di hari yang masuk 10 hari awal Ramadhan ini. Berikut peristiwa-peristiwa penting tersebut:

Baca Juga

Turunnya Taurat:

 

Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS pada hari keenam bulan Ramadhan. Seperti diketahui, kitab ini turun sebagai petunjuk bagi kaum Israil. 

Turunnya Taurat dijelaskan Allah dalam Al Isra ayat 2:

وَءَاتَيْنَا مُوسَى ٱلْكِتَٰبَ وَجَعَلْنَٰهُ هُدًى لِّبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَلَّا تَتَّخِذُوا۟ مِن دُونِى وَكِيلًا 

Artinya: Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku,

Pembebasan Amorion

 

 Pada 6 Ramadhan 223 hijriah yang bertepatan dengan 31 Juli 838 masehi. Khalifah Abbasiyah al-Mu'tasim menjawab panggilan bantuan di Amorion dan menaklukkannya.

Pembebasan Aleppo

 

 Pada tanggal enam Ramadhan tahun 532 hijriah bertepatan dengan 17 Mei 1138 Masehi kemenangan pertama umat Islam atas Tentara Salib terjadi di bawah kepemimpinan Imad al-Din Zangi, di utara Levant, di Aleppo.

Penaklukan wilayah Sindh

Pada tanggal 6 Ramadhan 63 hijriah, bertepatan dengan 14 Mei 682 masehi, Muhammad ibn al-Qasim mengalahkan tentara India di Sungai Indus, dan tanah Sindh dibuka, dan itu adalah pada akhir pemerintahan al-Walidm bin AbduMalik.