Empat Ibadah yang Bisa Dilakukan pada Siang Hari Selama Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

 Jumat 08 Apr 2022 04:26 WIB

Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi ) Foto: Republika/Prayogi Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )

Ada empat ibadah yang bisa dilakukan pada siang hari Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ada beberapa ibadah yang dapat dikerjakan oleh seorang Muslim pada siang hari bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan tidaklah hanya sebagai bulan puasa yang menahan diri dari makan dan minum. Lebih dari itu, Ramadhan adalah kesempatan untuk meningkatkan ibadah di setiap waktu.

Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah benteng, maka janganlah berbuat kotor (rafats) dan jangan pula berbuat bodoh. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah aku sedang shaum (puasa)." (HR Bukhari)

Baca Juga

Untuk itu, setidaknya ada empat ibadah yang bisa dilakukan pada siang hari Ramadhan. Pertama ialah dzikir. Dzikir merupakan amal ibadah terbesar yang dapat dikerjakan oleh setiap Muslim baik wanita dan Muslim, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman, "Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku." (QS Taha ayat 14). Tentunya sebaik-baik dzikir adalah sebagaimana yang ditunjukkan Rasulullah SAW.

Kedua, adalah sholat. Ibadah sholat harus dijaga sebagai salah satu rukun Islam sehingga tidak dapat disangkal betapa pentingnya ibadah sholat. Sholat juga merupakan tiang agama Islam. Rasulullah SAW bersabda, "Pokok perkara adalah Islam, tiangnya adalah sholat." (HR Turmudzi dari jalur Muadz bin Jabal)

Ketiga, ialah membaca Alquran. Telah jamak diketahui bahwa Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran. Setiap bacaan Alquran akan diganjar dengan 10 kebaikan. Sebanyak 10 kebaikan ini tidak datang dari satu kata dalam Alquran, tetapi dari setiap huruf yang kita ucapkan.

Keempat, yaitu mengeluarkan zakat. Seorang Muslim perlu ingat bahwa Rasulullah SAW adalah orang yang dermawan, tetapi beliau SAW lebih dermawan lagi pada bulan suci Ramadhan. Karena itu, sepatutnya pengikuti Nabi Muhammad SAW mengikuti jejak beliau SAW untuk senantiasa membantu kalangan dhuafa.

Sumber: https://www.elbalad.news/5230868

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X