Kewalahan di Dapur Saat Ramadhan? Coba Tips Ini Agar Ramadhan Tenang

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Apr 2022 15:43 WIB

Kewalahan di Dapur Saat Ramadhan? Coba Tips Ini Agar Ramadhan Tenang Foto:

1

3. Beli dalam jumlah banyak

Jangan berlebihan dan carilah buah dan sayur sesuai kebutuhan. Siapkan bahan-bahan yang paling sering digunakan seperti daging, nasi, pasta, roti (pita), minyak, rempah-rempah.

Buat daftar jenis daging dan jumlah setiap jenis yang Anda perlukan untuk dimasak setiap kali makan. Setelah membelinya, bekukan dan beri label semuanya.

4. Tentukan prioritas

Letakkan susunan rencana Anda dimulai dengan hal-hal dasar diikuti dengan yang kurang penting bagi Anda.

5. Buat daftar periksa (checklist)

Dalam daftar ini, masukkan hal-hal dasar serta bahan tambahan. Hal ini berguna sebagai pengingat yang baik serta mengingatkan jika Anda menempatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit bahan.

6. Putuskan makanan yang ingin Anda masak sebelumnya

Catat resep di tabel rencana dan tetap menyiapkan makanan itu. Simpan barang-barang penting di lemari dan di rak yang berada dalam jangkauan Anda untuk mencegah bahan berantakan.

Jika Anda ingin bahan-bahan tersebut untuk jangka panjang, siapkan hidangan tertentu sebelumnya dan bekukan. Ini akan menghemat waktu dan akan memaksimalkan waktu Anda untuk beribadah.

7. Buatlah sederhana

Jangan membuat diri Anda kewalahan dengan daftar makanan yang harus Anda siapkan setiap hari saat berbuka puasa. Pastikan makanannya bergizi dan memiliki semua nutrisi yang diperlukan.

8. Manfaatkan sisa makanan

Jangan pernah membuang makanan ke tempat sampah, cobalah menggunakan sisa makanan di piring lain atau memberikannya kepada orang miskin. Dan ketika tidak ada, makanlah makanan secara sederhana.

Nabi SAW biasa berbuka puasa dengan kurma, susu, dan makanan ringan, dan membatasi asupan makanan. Makanlah dengan sederhana. Minum sup. Makan buah untuk pencuci mulut. Hal ini lebih sehat untuk tubuh Anda dan juga mempersingkat waktu di dapur.

9. Bersihkan saat memasak

Membersihkan sangat sulit selama Ramadhan. Jadi bersihkan dapur saat Anda memasak untuk menghindari dapur berantakan saat Anda selesai di dapur. Waktu sangatlah berharga di bulan ini.