Kewalahan di Dapur Saat Ramadhan? Coba Tips Ini Agar Ramadhan Tenang

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Apr 2022 15:43 WIB

Kewalahan di Dapur Saat Ramadhan? Coba Tips Ini Agar Ramadhan Tenang Foto: Prayogi/Republika. Kewalahan di Dapur Saat Ramadhan? Coba Tips Ini Agar Ramadhan Tenang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap hari di bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri bagi para istri/suami yang disibukkan dengan bagaimana mempersiapkan dapur agar memasak menu buka puasa menjadi hal yang mudah.

Namun, sulit, terutama bagi perempuan untuk menjaga spiritualitas tinggi dan ibadah pada jalurnya sambil berkomitmen dalam pekerjaan penuh waktu tanpa henti sebagai ibu rumah tangga dan menyiapkan makanan berbuka untuk dinikmati bersama keluarga.

Baca Juga

Di penghujung hari, kerap kali istri mendapati diri mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dapur, memasak buka puasa, membuat makanan penutup, dan menyiapkan minuman dan makanan ringan untuk anak-anak. Dengan cara ini, Ramadhan berlalu dan mereka merasa menyesal karena tidak dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

Dalam hal ini, kami memberikan beberapa tips untuk ibu rumah tangga tentang cara menyiapkan dapur mereka untuk Ramadhan.

Tips menyiapkan dapur saat Ramadhan

1. Persiapkan dapur Anda

Bersihkan dapur dan lemari es. Singkirkan semua barang yang tidak diinginkan untuk menyisakan ruang bagi stok makanan bulan ini.

Siapkan bahan yang berbeda untuk makanan sepanjang minggu, jadi Anda hanya melakukan langkah terakhir hari demi hari. Misalnya, siapkan di lemari es Anda bawang bombay, bawang putih, dan saus tomat dalam jumlah yang banyak.

Olah daging dan ayam yang sudah dicuci dan dibumbui. Siapkan juga beberapa minuman buatan sendiri seperti teh hibiscus dan simpan di lemari es.

2. Buat daftar belanja

Tuliskan semua yang Anda butuhkan untuk bulan itu dalam daftar dan beli semuanya sekaligus atau bertahap. Cobalah maembeli yang diperlukan sehingga tidak membuang-buang uang.