Inggris Peringkat Tiga Dengarkan Nasyid di Spotify Selama Ramadhan, Indonesia?

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Apr 2022 14:16 WIB

Layanan streaming musik Spotify. Inggris Peringkat Tiga Dengarkan Nasyid di Spotify Selama Ramadhan, Indonesia? Foto:

1

Mufti Ismail Menk, seorang cendekiawan Islam mancanegara terkemuka yang lahir dan besar di Zimbabwe, masih tetap menjadi salah satu pilihan paling populer bagi khalayak di seluruh dunia. Di Inggris, kata-kata terkait surah (bab dalam Alquran), nazam (puisi Urdu) dan din ('agama') terbukti populer untuk daftar list religi dan nasyid.

Setiap tahun, Spotify memperbarui Destinasi Ramadhan khusus yang menawarkan konten untuk setiap momen Ramadhan sepanjang hari baik itu musik Sufi, soundscapes Oud, atau podcast kesehatan dan kebugaran. Ramadhan tahun ini, streaming Chill-oud telah meningkat lebih dari 200 persen di bulan Maret di negara-negara seperti Aljazair, Yordania, Maroko, Uni Emirat Arab, Jerman, dan Amerika Serikat jika dibandingkan dengan streaming pada Januari-Februari tahun ini.

Sementara Lagu Raya terus menjadi playlist terkait Ramadhan yang populer, terutama dengan komunitas Muslim di Australia dengan streaming yang meroket 320 persen dalam jangka waktu yang sama. Negara lain yang mendengarkan daftar putar ini termasuk Singapura, Jepang, dan India.

Salah satu podcast paling populer selama Bulan Suci adalah 'Freshly Grounded'. Dipandu oleh dua pengusaha Muslim Inggris, mereka mendiskusikan apa saja mulai dari bisnis, gaya hidup, dan peristiwa dunia terkini. Para tamu sering kali berbagi cerita dan pengalaman mereka sendiri.

Inggris memiliki pendengar terbanyak sejauh ini untuk podcast Anchor M. Quraish Shihab. Podcast ini menampilkan cendekiawan Muslim Indonesia M. Quraish Shihab yang merenungkan Quran dan prinsip-prinsip Islam. 

photo
Cendekiawan muslim Quraish Shihab menyampaikan paparan pada pembukaan Forum Titik Temu di Jakarta, Rabu (18/9/2019). - (Antara/Wahyu Putro A)