Lima Cara Menyambut Ramadhan, Sang Tamu Istimewa

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 05 Apr 2022 15:52 WIB

Umat muslim melaksanakan shalat sunnah di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (5/4/2022). Pada bulan suci Ramadhan, umat muslim memanfaatkan waktu dengan memperbanyak serta meningkatkan ibadah membaca Alquran (tadarus) dan melaksanakan shalat-shalat sunnah. Lima Cara Menyambut Ramadhan, Sang Tamu Istimewa Foto:

1

3. Perencanaan dan penentuan

Anda harus membuat rencana yang baik selama sebulan penuh tentang bagaimana Anda akan mengatur hari dan malam Anda selama bulan Ramadhan. Rencanakan jadwal khusus untuk pekerjaan Anda sehingga Anda dapat sholat tepat waktu, membaca Alquran dan makan sahur tepat waktu.

Miliki niat dan tekad yang tulus untuk memanfaatkan waktu ini sepenuhnya. Juga memiliki tekad dan komitmen penuh bahwa Anda tidak akan melakukan dosa atau kesalahan apa pun selama ini.

Lakukan taubat yang tulus dan mintalah pengampunan dari mereka yang mungkin telah Anda sakiti. Dengan cara ini Anda dapat memperoleh manfaat lebih banyak dari puasa dan doa Anda.

4. Pelajari aturan puasa

Fiqih puasa sangat penting agar Anda tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak puasa Anda. Pelajari cara Nabi Muhammad dalam puasa itu adalah cara terbaik. Puasa tidak hanya dimanjakan dengan makan dan minum selama puasa, tetapi juga dengan mengucapkan kata-kata kotor dan melakukan hal-hal yang salah.

Nabi Muhammad bersabda: “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan palsu dan pengamalannya, maka Allah tidak mempunyai keperluan untuk meninggalkan makanan dan minumannya (puasanya).” (HR. Bukhari)

5. Amal, kedermawanan, dan kebaikan

Bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan, amal dan kedermawanan. Rencanakan untuk mengundang tetangga, rekan kerja, teman, Muslim dan non-Muslim Anda untuk makan berbuka puasa bersama Anda.

Beri tahu teman dan tetangga non-Muslim Anda tentang bulan ini dan berkahnya. Jadilah lebih murah hati dan membantu orang miskin dan membutuhkan. Rencanakan untuk memberikan sedekah dan amal Anda saat ini dan membantu orang lain sebanyak yang Anda bisa.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits: “Nabi Saw adalah orang yang paling lembut (dermawan) dalam segala kebaikan. Dan kelembutan Beliau yang paling baik adalah saat bulan Ramadhan ketika Jibril as. datang menemui Beliau. Dan Jibril as. datang menemui Beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al-Qur’an) hingga Al-Qur’an selesai dibacakanuntuk Nabi Saw. Apabila Jibril as. datangmenemui Beliau, maka Beliau adalah orang yang paling lembut dalam segala kebaikan melebihi lembutnya angin yang berhembus.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/5-ways-to-welcome-ramadan-the-special-guest/