Resep Takjil Peach Gum dengan Kurma, Segar dan Berkhasiat

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 07 Apr 2022 16:00 WIB

Peach gum bisa diolah menjadi minuman segar untuk takjil. Foto: Wikimedia Peach gum bisa diolah menjadi minuman segar untuk takjil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menu takjil untuk berbuka puasa kian beragam. Inspirasinya bisa mulai dari menu-sehari-hari, menu penutup, menu perayaan, populer, hingga resep yang menawarkan manfaat lebih seperti minuman peach gum.

Peach gum merupakan salah satu menu yang saat ini cukup digemari dan punya manfaat sebagai sumber kolagen. Peach gum berasal dari getah pohon persik di China yang akan menjadi padat ketika dipanen.

Baca Juga

Tidak hanya disebut baik bagi kesehatan kulit, peach gum juga dipercaya membantu menjaga kualitas tidur, tulang, sendi, bahkan jantung. Manfaat meregenerasi sel kulit ini membuat makanan bertekstur kenyal itu kerap dianggap membuat awet muda.

Untuk membuat menu takjil berbahan dasar peach gum juga tidak terlalu sulit. Ditambah campuran buah lainnya, termasuk kurma merah, semakin menambah segar ketika berbuka puasa.

"Saya rasa bisa untuk menu takjil itu sesuatu yang agak baik bagi kulit wajah kita, contohnya peach gum yang dimasak dengan simple syrup dan pandan, dan ditambahkan red dates (kurma merah), seperti hidangan hot dessert di Chinese food," kata chef Stefu Santoso kepada Republika.co.id, dikutip Rabu (6/4/2022).

Menurut chef Stefu, peach gum punya kandungan kolagen yang bagus. Peach gum juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, khususnya di China.