Keistimewaan Ibadah Ramadhan

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko

Senin 04 Apr 2022 13:13 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat tarawih merupakan sunah yang sangat dianjurkan menurut kesepakatan jumhur ulama. Sholat Tarawih termasuk ibadah qiyamullail, yang banyak disebutkan dalil-dalilnya dalam hadist dan terdapat pula anjuran dalam pelaksanaan qiyamullail serta penjelasan akan keutamaannya yang sebelumnya telah disebutkan dibeberapa kitab Shaum.

Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizul Quran dan Ilmu Hadist, Padang Sumatra Barat, KH.Zulkifli Ahmad Jundim Lc mengatakam, qiyam Ramadhan atau mengisi malam-malam Ramadhan dengan mendirikan shalat/tilawat Alquran merupakan ibadah yang paling agung. 

 

"Ibadah ini kesempatan seorang hamba mendekatkan dirinya kepada Allah di bulan yang mulia ini," kata KH Zulkifli Ahmad Jundim Lc, melalui tausiyah daringnya, Senin (4/4/2022).

 

Menurutnya ada dua jihad dalam diri seseorang di dalam bulan Ramadhan. Pertama, berpuasa di waktu siang hari menahan lapar dan haus serta tundukan pandangan. Dan kedua jihad di waktu malam hari untuk menghidupkan malam dengan Qiyamullail," katanya.

 

"Maka barang siapa yang menghimpun dua jihad ini sekaligus Maka Allah akan memberikan pahalanya kepadanya tanpa ada batasan," katanya.