Jangan Anggap Beban, Ini Dia Jurus Jitu Atur Waktu Saat Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Apr 2022 12:05 WIB

Ilustrasi Berpuasa Ramadhan. Jangan Anggap Beban, Ini Dia Jurus Jitu Atur Waktu Saat Ramadhan Foto:

1

4. Susun kegiatan hari-harimu dengan sholat

Ini tidak hanya membantu menjaga rutinitas, tetapi juga memastikan Anda memenuhi kebutuhan dan kewajiban rohani Anda.

5. Membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian yang dapat diatur

Misalnya, jika Anda berencana mengkhatamkan Alquran selama Ramadhan, bacalah empat halaman setiap selesai sholat dan Anda akan mencapai tujuan ini. Atau, jika Anda tidak berencana untuk mengkhatamkan Alquran, tetapi hanya ingin terhubung dengannya, membaca satu halaman setiap selesai sholat dapat membantu mencapai tujuan ini.

6. Tujuan realistis

Tetapkan tujuan yang lebih kecil dan realistis untuk membangun bisnis/tujuan Anda. Karena betapapun bersemangatnya Anda untuk membuat kemajuan, tetapi mendorong sesuatu terlalu cepat dan melakukan terlalu banyak, dapat menyebabkan kelelahan dan merugikan kesehatan Anda sendiri termasuk bisnis Anda.

7. Membuat rencana ke depan

Banyak Muslimah merasa kewalahan dengan memasak di bulan Ramadhan dan solusi umum yang disarankan untuk ini adalah memasak dalam jumlah banyak. “Saat membuat sesuatu, masaklah lebih banyak dari biasanya. Makan beberapa dan lainnya dibekukan,” kata Aisyah.

8. Singkirkan hal-hal yang tidak berguna

Anda akan terkejut dengan banyaknya waktu yang kita habiskan untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna, terutama di zaman media sosial dan internet ini. Potong hal-hal ini atau setidaknya kurangi seminimal mungkin dan ini akan memberi Anda waktu ekstra.

9. Membuat skala prioritas

Misalnya Anda memiliki pekerjaan yang dapat Anda selesaikan dalam lima menit, maka kerjakan lebih dulu agar semua hal kecil tidak menumpuk.

10. Menggabungkan tugas

Jika Anda perlu bepergian ke suatu tempat untuk acara atau memberikan ceramah, sambil menunggu acara bisa diisi dengan mendengarkan Alquran.

“Semoga Allah membimbing Anda selama ini sedemikian rupa sehingga Anda tidak hanya akan mencapai kesuksesan dalam kehidupan keluarga dan bisnis, tetapi juga Anda akan mengalami pertumbuhan spiritual selama bulan yang penuh berkah ini. Semoga Dia membalas keinginan Anda untuk mencapai keadaan ini dan mendukung Anda dalam melakukannya,” kata Aisyah.

Terpopuler