Masjid Raya Darussalam Palangka Raya Tekankan Prokes Saat Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

 Ahad 03 Apr 2022 21:05 WIB

Masjid Raya Darussalam Palangka Raya berornamen khas Dayak. Masjid Raya Darussalam Palangka Raya Tekankan Prokes Saat Ramadhan Foto: Republika/Muhyiddin Masjid Raya Darussalam Palangka Raya berornamen khas Dayak. Masjid Raya Darussalam Palangka Raya Tekankan Prokes Saat Ramadhan

Jamaah masjid diimbau mencuci tangan hingga menggunakan masker.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Masjid Raya Darussalam Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah tetap menekankan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 saat pelaksanaan ibadah Ramadhan 1443 Hijriyah.

"Selama pelaksanaan ibadah saat Ramadhan di Masjid Raya Darussalam Kota Palangka Raya, kami tetap menekankan penerapan prokes Covid-19, seperti mencuci tangan hingga menggunakan masker kepada jamaah," kata Ketua Pengurus Masjid Raya Darussalam Khairil Anwar, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga

Selain itu, masyarakat yang ingin beribadah selama Ramadhan di masjid raya dianjurkan berwudhu dari rumah, serta membawa sajadah atau alas untuk sujud sendiri. "Kita akan merapatkan shaf sholat, tidak berjarak seperti tahun yang lalu," katanya.

Dia mengatakan berbagai kegiatan ibadah yang dilaksanakan di masjid raya selama Ramadhan, di antaranya sholat tarawih, buka puasa bersama, hingga kuliah subuh dan kuliah zhuhur. Ia menjelaskan, untuk kuliah subuh dilaksanakan tiga kali dalam seminggu, meliputi Senin, Rabu dan Sabtu.

"Sedangkan kuliah zhuhur dilaksanakan setiap hari, kecuali Jumat," katanya.

Selain itu, kegiatan lainnya yang juga akan dilaksanakan adalah Nuzulul Quran, serta menghidupkan malam-malam di bulan suci Ramadhan dengan membaca Alquran, hingga nantinya dilaksanakan shalat Idul Fitri. Khairil yang juga menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng ini mengimbau semua pihak bisa saling menghormati selama bulan suci Ramadhan.

"Mari semua komponen bangsa, baik umat Islam maupun umat lainnya menjaga keamanan bersama," katanya.

Ia meminta umat Islam meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalteng Noor Fahmi juga mengimbau sesama umat bisa saling menghargai, apabila adanya perbedaan dimulainya awal Ramadhan.

"Jangan sampai hal ini menjadi kegaduhan, karena sama-sama memiliki dasar. Maka mari bertoleransi," katanya.

Sebelumnya sama seperti daerah lain, Kemenag bersama MUI, serta pihak terkait lain di Kalteng juga menggelar rukyatul hilal. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa lokasi, di antaranya di salah satu atap gedung hotel di Palangka Raya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X