Umat Islam Malaysia Sholat Tarawih Berjamaah dengan Shaf Rapat

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 03 Apr 2022 20:05 WIB

Ilustrasi. Warga menunaikan sholat tarawih dengan menjaga jarak sosial di Madrasah Darul Solihin Al Qadiri, Kuala Lumpur, Malaysia. Umat Islam Malaysia Sholat Tarawih Berjamaah dengan Shaf Rapat Foto:

1

Di Masjid Kota Kinabalu Bandaraya di Sabah, sekitar 2.000 jamaah melaksanakan sholat  tarawih malam ini. Sebelum sholat dimulai, jamaah diingatkan mengikuti SOP yang telah ditetapkan.

Namun, pensiunan pegawai sebuah instansi pemerintah Md Idrus Rahmat (63) mengaku sedikit kesal karena masjid yang dapat menampung 12 ribu orang tidak penuh malam ini. Dia berharap ada lebih banyak jamaah, terutama pemuda mulai besok dan seterusnya.

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin di Putrajaya dipadati sekitar 1.500 jamaah yang datang dari daerah tetangga melakukan sholat tarawih yang dipimpin oleh imam Syeikh Mohamed Chourana dari Aljazair. Kepala unit komunikasi perusahaan masjid, Hisyarullil Md Husain mengatakan, tujuh pejabat dan staf masjid telah ditugaskan memastikan jamaah mematuhi SOP selama sholat tarawih.

Kunjungan ke Masjid Mukim Kenor di Kuala Krai, Kelantan, diisi sekitar 300 jamaah yang hadir untuj melaksanakan sholat tarawih sambil menjalankan SOP meski diguyur hujan deras sejak sore tadi. Di Trengganu, seorang anggota Komite Informasi dan Multimedia Masjid Al-Abrar Bukit Tok Beng, Fariq Awi mengatakan, sekitar 1.000 jamaah hadir untuk melaksanakan sholat tarawih malam ini dengan enam imam yang bergiliran memimpin sholat.

Di Melaka, hampir 1.000 orang datang untuk melakukan sholat tarawih di malam pertama Ramadhan. Di Negeri Sembilan, sekitar 600 jamaah memenuhi halaman masjid Negara di Seremban untuk sholat Isya dan tarawih yang dipimpin oleh imam utama masjid, Muhammad Yusry Mazlan.

Di Masjid Abdullah Fahim di Kepala Batas, Penang, orang tua juga membawa anak-anak untuk melakukan sholat tarawih. Negara bagian ini mengizinkan anak-anak di bawah umur 12 tahun mengikuti sholat di bawah pengawasan wali mereka yang telah menyelesaikan vaksinasi.

Sementara itu di Masjid Setia Alam di Shah Alam, Selangor, jamaah mulai berdatangan sekitar pukul 20.30 untuk sholat isya yang dilanjutkan dengan sholat tarawih. Sedangkan di Kedah, jamaah datang paling awal pukul 19.00 untuk menunaikan sholat  Maghrib terlebih dahulu sebelum Isya dan kemudian sholat tarawih.

Terpopuler