Tips Mudah Khatamkan Alquran Selama Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 03 Apr 2022 16:10 WIB

Sejumlah santri mengikuti kegiatan hafalan Al Quran di Masjid Al Fuqan, Banda Aceh, Aceh, Ahad (3/4/2022). Kegiatan pesantren Ramadhan yang digelar Daurah Tahfizh Nasional (DTN) bertema Ramadhan Bersama Al Quran diikuti ribuan pelajar dari sejumlah lembaga pendidikan di provinsi Aceh yang berlangsung hingga 21 April 2022. Tips Mudah Khatamkan Alquran Selama Ramadhan Foto: Antara/Ampelsa Sejumlah santri mengikuti kegiatan hafalan Al Quran di Masjid Al Fuqan, Banda Aceh, Aceh, Ahad (3/4/2022). Kegiatan pesantren Ramadhan yang digelar Daurah Tahfizh Nasional (DTN) bertema Ramadhan Bersama Al Quran diikuti ribuan pelajar dari sejumlah lembaga pendidikan di provinsi Aceh yang berlangsung hingga 21 April 2022. Tips Mudah Khatamkan Alquran Selama Ramadhan

Cara ini bisa dilakukan asalkan dikerjakan secara konsisten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan adalah bulan Alquran sehingga setiap Muslim sepatutnya memanfaatkan momentum tersebut untuk mengkhatamkan bacaan Alquran selama bulan suci itu. Setidaknya selama Ramadhan seorang Muslim mengkhatamkan Alquran satu kali.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengkhatamkan Alquran satu kali selama bulan Ramadhan. Cara ini bisa dilakukan asalkan dikerjakan secara konsisten.

Baca Juga

Mantan Mufti Mesir Syekh Ali Jum'ah menjelaskan Alquran terdiri dari banyak ayat kata, dan huruf. Umat Islam telah menghitung, huruf di dalam Alquran sebanyak 320.015 huruf.

Jumlah kata dalam Alquran sebanyak 77.449 kata. Sedangkan jumlah ayatnya ada lebih dari 6.000. Ada yang menyebut 6.236 ayat, ada pula yang menyebut 6.204 atau 6.226. Dan jumlah suratnya ada 114 surat.

"Sampai kemudian Imam Mujahid datang dan membaginya menjadi 30 juz sesuai dengan jumlah suratnya. Pembagian setiap juz sama dengan juz yang lain (setiap juz dibagi menjadi 10 lembar atau 20 halaman)," kata dia seperti dilansir Elbalad, Ahad (3/4/2022).

Syekh Jum'ah mengatakan, pembagian Alquran berdasarkan jumlah juz ini mempermudah setiap Muslim untuk mengkhatamkan Alquran selama bulan suci Ramadhan. Artinya, dalam satu hari seorang Muslim harus membaca satu juz Alquran.

Secara lebih rinci, satu juz dapat dibagi menjadi delapan bagian sehingga ada 240 bagian Alquran. Cara pembagian ini bisa memudahkan untuk mengkhatamkan Alquran selama satu bulan.

"Tentu memungkinkan membaca satu juz Alquran setiap hari jika satu halamannya dibaca pada setiap rakaat sholat wajib dan sunnah," ujarnya.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk membaca Alquran dan mengkhatamkannya setidak-tidaknya satu kali dalam sebulan. Dalam riwayat Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam satu bulan."

Lalu Abdullah bin Amr berkata, "Sebetulnya aku mampu lebih dari itu." Setelah itu beliau SAW bersabda, "Kalau begitu, bacalah Alquran dalam tujuh hari dan janganlah melewati batas itu." (HR Bukhari)

Sumber: https://www.elbalad.news/5225923

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X