Masjid Agung Solo Siapkan 200 Porsi Makanan Buka Puasa Bersama

Red: Dwi Murdaningsih

Ahad 03 Apr 2022 00:29 WIB

Warga berjalan melewati gapura di kawasan wisata Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, Senin (10/1/2022). Masjid Agung Solo akan kembali mengadakan kegiatan buka bersama yang didahului dengan pengajian. Foto: Antara/Maulana Surya Warga berjalan melewati gapura di kawasan wisata Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, Senin (10/1/2022). Masjid Agung Solo akan kembali mengadakan kegiatan buka bersama yang didahului dengan pengajian.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Masjid Agung Solo akan kembali mengadakan kegiatan buka bersama yang didahului dengan pengajian. Meski demikian, untuk kali ini porsi yang disediakan tidak sebanyak di saat normal untuk menghindari kerumunan masyarakat.

Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo Abdul Basit mengatakan jika biasanya dalam satu hari menyediakan 400 porsi makanan untuk buka bersama, kali ini dikurangi setengahnya."Tahun ini kami sediakan 200 porsi setiap hari," katanya.

Baca Juga

Masjid Agung Solo mulai menggelar ibadah tarawih dengan menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (2/4/2022). Pantauan di Solo, ratusan warga mengikuti ibadah tarawih di Masjid Agung Solo. Meski tidak ada penerapan jaga jarak yang terlalu jauh, jamaah tetap mengenakan masker selama menjalankan shalat.

Abdul Basit mengatakan sama dengan tahun lalu, untuk tahun ini ibadah tarawih yang dilaksanakan di masjid tersebut memfasilitasi jamaah yang ingin shalat tarawih sebanyak sebelas rakaat dan 23 rakaat."Yang sebelas rakaat kami sediakan imam untuk witir, yang 23 rakaat imam yang sebelas rakaat meneruskan," katanya.

Ia mengatakan untuk bacaan imam saat shalat tarawih 23 rakaat sebanyak satu juz surat dalam kitab suci Alquran."Itu berlangsung berurutan. Satu juz setiap malam atau setiap hari selama pelaksanaan shalat tarawih," katanya.