Jamaah Padati Masjid Istiqlal di Hari Pertama Sholat Tarawih, Shaf Diatur Rapat

Red: Dwi Murdaningsih

Sabtu 02 Apr 2022 21:20 WIB

Masjid Istiqlal. ilustrasi. Jamaah memadati Masjid Istiqlal, Jakarta, pada hari pertama pelaksanaan Shalat Tarawih yang berlangsung pada Sabtu (2/4/2022). Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat Masjid Istiqlal. ilustrasi. Jamaah memadati Masjid Istiqlal, Jakarta, pada hari pertama pelaksanaan Shalat Tarawih yang berlangsung pada Sabtu (2/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah memadati Masjid Istiqlal, Jakarta, pada hari pertama pelaksanaan Sholat Tarawih yang berlangsung pada Sabtu (2/4/2022). Pemerintah menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Ahad, 3 April 2022.

Berdasarkan pantauan, pengelola Masjid Istiqlal telah menggelar karpet di lantai utama masjid. Sebelumnya, pengelola tidak memasangkannya.

Baca Juga

"Lantai Utama Masjid Istiqlal harus steril, jadi disemprot (dengan disinfektan) secara berkala sebelum dan sesudah (ibadah berlangsung) agar bersih dari virus," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Istiqlal.

Pengurus masjid juga sudah tak menerapkan pembatasan jarak. Shaf diatur rapat namun jamaah tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti tak melepas masker saat beribadah.

Pada hari pertama ini, jamaah hanya memadati lantai utama, sementara lantai dua hanya terisi sebagian. Prokes saat memasuki area Masjid Istiqlal juga diterapkan ketat. Jamaah wajib melakukan scan melalui aplikasi PeduliLindungi serta dilakukan pengecekan suhu tubuh.

"Kami berupaya menghindari penumpukan, oleh karenanya pintu masuk, lokasi parkir, tempat penitipan sandal dan sebagainya diperhatikan, agar kerumunannya berkurang," ujar Nasaruddin.

Guna menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, Nasaruddin mengimbau kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatannya sebelum beraktivitas di tempat terbuka. Masyarakat juga diminta tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di dalam area masjid.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, jangan datang ke tempat ramai khususnya Masjid Istiqlal (kalau merasa tidak fit), atau merasa belum divaksin," kata dia.