Menu Wajib Berbuka Puasa Ridwan Kamil 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 02 Apr 2022 06:43 WIB

Gebernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Edi Yusuf/Republika Gebernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG --Tradisi munggahan memang sudah menjadi kegiatan rutin bagi umat muslim dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. 

Ketua TP-PKK Provinsi Jabar Atalia Praratya yang juga istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, membagikan kebiasaannya dengan suami tercintanya. Salah satu yang spesial yaitu menu berbuka puasa keluarga.

 

"Menu favorit Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) itu sangat sederhana dan ringan sekali. Yang paling penting ada es campur atau kalau saya itu biasanya, itu adalah es blewah, es timun suri. Itu yang ditunggu-tunggu," ujar Atalia di Atrium BTC Mall, Kota Bandung, Jumat (1/4/2022). 

 

Atalia pun bercerita akan mengawali munggahan dengan berziarah ke makam leluhurnya di Kabupaten Subang esok hari. Selepas itu, Atalia bersama Kang Emil dijadwalkan akan melakukan shalat tarawih di Masjid Pusdai Kota Bandung. 

 

"Kita punya tradisi bahwa setiap buka bersama itu wajib untuk melaksanakannya di rumah masing-masing minimal kita semua keluarga berkumpul," kata Atalia.

 

Datangnya bulan suci Ramadhan, menurut Atalia, menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Ia pun berharap seluruh masyarakat Jawa Barat bisa menikmati bulan Ramadan ini untuk lebih dekat dengan keluarga. 

 

"Ini mudah-mudahan menjadi momentum kebersamaan keluarga sebetulnya, karena saya berharap keluarga-keluarga lain juga akan memanfaatkan momentum ini untuk lebih dekat dengan keluarga," katanya.