Sejumlah Masjid Baru di Sulsel akan Digunakan di Bulan Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Sabtu 02 Apr 2022 06:03 WIB

Warga bersantai menikmati suasana sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) di kawasan Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/4/2021). Kawasan Masjid 99 kubah menjadi salah satu lokasi favorit warga saat bulan Ramadhan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Foto: Antara/Abriawan Abhe Warga bersantai menikmati suasana sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) di kawasan Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/4/2021). Kawasan Masjid 99 kubah menjadi salah satu lokasi favorit warga saat bulan Ramadhan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah masjid yang baru dibangun di wilayah Sulawesi Selatan mulai akan digunakan untuk menjalankan ibadah selama Ramadhan 1443 Hijriah yang telah diputuskan pada 3 April 2022 oleh Kementerian Agama.Salah satunya ialah Masjid 99 Kubah Kota Makassar, yang menjadi ikon baru bagi warga Sulawesi Selatan. Secara perdana, masjid ini baru dioperasikan beberapa pekan lalu.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sulsel Iqbal Andi Nadjamuddin  menyebut selain Masjid 99 Kubah, beberapa masjid telah disiapkan untuk melaksanakan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan.Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sulsel, Biro Kesra menyiapkan program Kajian Sore yang pesertanya ialah pelajar SMP dam SMA.

Baca Juga

"Kami belum punya data pastinya, ini baru akan kita godok untuk tahu berapa total masjid di Sulsel. Tapi beberapa masjid di daerah banyak yang sedang dibangun, bahkan juga akan digunakan tarawih," ujarnya.

Selain itu, kata Iqbal, tingginya pendirian masjid baru juga bisa dilihat dari banyaknya proposal permohonan bantuan oleh pengurus masjid, termasuk renovasi rumah ibadah.Terdapat ratusan proposal yang telah diterima Biro Kesra Sulsel, mulai dari membangun baru hingga renovasi bangunan masjid.

Sementara hibah bantuan untuk Program Peningkatan Sarana Ibadah ini dianggarkan sekitar Rp3 miliar untuk tahun 2022."Banyak yang minta bantuan, cuma persoalan mekanisme bantuan. Apalagi usulan proposal yang masuk ratusan maka kita verifikasi sesuai dengan bersyarat itu dan diajukan," ujarnya.

Salah satu masjid lain yang akan mulai digunakan untuk Ramadhan perdana ialah Masjid Al Hidayah di Kelurahan Malewang, Kabupaten Takalar.Masjid ini terus digenjot pembangunannya sejak September lalu guna bisa digunakan Ramadhan 1443 Hijriah.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sukriadi mengatakan masjid dibangun atas inisiasi masyarakat setempat dalam memudahkan akses masyarakat beribadah.

"Masjid ada, tapi cukup jauh, jadi dengan semangat gotong royong, kita mendirikan masjid Al Hidayah ini. Meski belum rampung 100 persen, tapi masjid telah bisa difungsikan untuk sholat 5 waktu dan ibadah lainnya selama Ramadan," ujarnya.