Sebagian Warga di Kota Bandung Mulai Sholat Tarawih Malam Ini

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nashih Nashrullah

 Jumat 01 Apr 2022 22:08 WIB

Ilustrasi Sholat Tarawih. Sebagian Muslim di Bandung tarawih malam ini dan akan memulai puasa besok Foto: dok. Republika Ilustrasi Sholat Tarawih. Sebagian Muslim di Bandung tarawih malam ini dan akan memulai puasa besok

Sebagian Muslim di Bandung tarawih malam ini dan akan memulai puasa besok

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG— Sebagian masyarakat di wilayah Bandung Raya mulai menjalankan sholat tarawih, Jumat (1/4/2022) malam dan akan menjalankan puasa Ramadhan pada Sabtu (2/3/2022). 

Salah satu masjid yang menyelenggarakan tarawih yaitu Masjid Al Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. 

Baca Juga

Selain itu sebagian masjid-masjid di Kabupaten Bandung mulai melaksanakan sholat tarawih seperti di wilayah Sayati, Kecamatan Margahayu. Masjid-masjid tersebut berada di bawah naungan Muhamadiyah. 

Imam Masjid Al Mujahidin Kota Bandung Dahlan Ramli mengatakan pihaknya sudah menggelar sholat tarawih pada Jumat (1/4/2022) malam. 

Pelaksanaan sholat tarawih mengacu kepada keputusan organisasi Muhammadiyah yang menetapkan puasa Ramadhan dimulai pada Sabtu (2/4/2022). 

"(Sholat tarawih) sudah nggak berjarak, masker masih (dipakai) menjaga diri ke orang lain," ujarnya, Jumat (1/4/2022). 

Dia mengatakan total jamaah yang mengikuti sholat tarawih di hari pertama kurang lebih mencapai 200 orang. 

Mereka yang mengikuti sholat tarawih datang dari berbagai tempat. Dia mengatakan pelaksanaan sholat tarawih berjalan dengan lancar.

Terpisah Wakil Ketua Muhammadiyah Jawa Barat, Rizal Fadillah, mengatakan pihaknya mulai melaksanakan tarawih pada Jumat (1/4/2022) malam. Sedangkan pelaksanaan bulan puasa dilaksanakan pada Sabtu (3/4/2022). "Malam ini sudah sholat tarawih," ungkapnya. 

Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan ibadah puasa Ramadhan pada Ahad (3/2/2022) mendatang. Dengan begitu sholat tarawih akan dilaksanakan pada Sabtu (2/3/2022) besok. 

Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Persatuan Islam memutusķan bulan puasa Ramadhan jatuh pada 3 April sama dengan putusan pemerintah pusat. Muhammadiyah memutuskan bulan puasa Ramadhan jatuh pada hari Sabtu (2/4/2022) dan sholat tarawih pada hari Jumat  (1/4/2022).  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X