Rukyatul Hilal UIN Walisongo di Empat Lokasi

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko

 Jumat 01 Apr 2022 16:06 WIB

Petugas Rukyatul Hilal (ilustrasi). Foto: Antara/Nova Wahyudi Petugas Rukyatul Hilal (ilustrasi).

Empat titik lokasi yang berbeda merupakan bagian ikhtiar bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang akan menerjunkan tim pengamatan hilal  (rukyatul hilal) bulan Ramadan 1443 H di empat titik lokasi yang berbeda, di Provinsi Jawa Tengah.

Empat titik lokasi yang berbeda merupakan bagian ikhtiar bersama untuk memastikan tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriyah dari berbagai tempat yang berbeda.

Baca Juga

Empat titik lokasi yang dimaksud adalah Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang, Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah, Pelabuhan Kendal dan Pantai Kartini Jepara. 

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkaat (LP2M) UIN Walisongo, Dr M Rikza Chamami MSi mengatakan rukyatul hilal ini merupakan kegiatan rutin.

"Khusunya menjelang bulan Ramadhan. Selain itu kegiatan rukyatul hilal biasansya dilakukan untuk memastikan 1 Syawal, 1 Dzulhijjah dan juga penentuan 1 Muharram," jelasnya di Semarang, Jumat (1/4/2022).

Untuk kegiatan rukyatul hilal 1 Ramadhan, UIN Walisongo Semarang berkerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah, Kemenag Kendal, Lajnah Falakiyyah PCNU Jepara dan Tim Hisab MAJT. 

“Kami mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Agama dan Organisasi Kemasyarakatan untuk ikut serta mengabdi dalam menentukan awal Ramadan 1443 H ini,” jelas Rikza. 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X