Harga Terjangkau, Pemerintah Jamin Stok Bahan Pokok Sampai Lebaran

Rep: Rilis Polri/ Red: Muhammad Subarkah

Kamis 31 Mar 2022 19:57 WIB

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta berbincang dengan pedagang saat melakukan sidak pemantauan harga pangan di Pasar Kramat Jati Jakarta Timur, Rabu (30/3/2022). Dari hasil pemantauan ke sejumlah pasar, TPID DKI Jakarta menyatakan harga komoditi pangan masih relatif stabil dan pasokannya aman menjelang bulan Ramadhan. Foto:

1

Kolaborasi

Sebelumnya Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan adanya peringatan Presiden, bahwa tantangan ke depan semakin tidak mudah, penuh dengan ketidakpastian, termasuk aspek ekonomi. Untuk itu, Polri mendorong perlunya kolaborasi pihak-pihak terkait dalam mengatasi masalah tersebut.

Terkait hal itu Ditipideksus Brigjen Pol. Wishnu Hermawan menyampaikan kesiapan Polri melalui Satgas Pangan mengamankan distribusi bahan pokok yang dilakukan pemerintah. "Polri akan menjaga agar tidak ada kecurangan dalam fluktuasi harga bahan pokok, gangguan distribusi secara merata, hingga ketersediaan stok bahan pokok di masyarakat," tegas Wishnu.

Wishnu mengingatkan jangan ada pihak-pihak yang melakukan aksi penimbunan karena Polri sudah menugaskam jajarannya hingga di tingkat Polres mengawasi distribusi bahan pokok.

Ekonom Univ. Nasional Jakarta Dr. Made Adnyana mengapresiasi upaya pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Perum Bulog dalam menjamin ketersediaan bahan pokok di seluruh tanah air. Ia mengingatkan tidak sekedar ketersediaan, tapi pemerintah harus  menjamin harganya agar terjangkau masyarakat. 

Terpopuler