Penjualan Kurma di Medan Meningkat Jelang Ramadhan

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Kamis 31 Mar 2022 00:29 WIB

Pedagang kurma melayani pembeli (ilustrasi). Penjualan kurma di kawasan Pajak Ikan Lama di Kota Medan, Sumatra Utara mengalami peningkatan menjelang Ramadhan. Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Pedagang kurma melayani pembeli (ilustrasi). Penjualan kurma di kawasan Pajak Ikan Lama di Kota Medan, Sumatra Utara mengalami peningkatan menjelang Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Penjualan kurma di kawasan Pajak Ikan Lama di Kota Medan, Sumatra Utara mengalami peningkatan menjelang Ramadhan.

Agus Salim Rangkuti, salah satu penjual kurma di Pajak Ikan Lama mengatakan, penjualan kurma mengalami peningkatan sekitar 35 persen menjelang Ramadhan. "Sehari bisa lebih 40 kilogram yang terjual," kata Agus, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga

Kurma yang dijual di toko Agus harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Kurma jenis Ajwa yang paling diminati masyarakat. Selain rasanya yang manis, teksturnya yang lembut membuat kurma jenis ini menjadi pilihan masyarakat dan paling cepat terjual.

"Harganya bervariasi. Ada yang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Paling favorit itu kurma jenis Ajwa. Selain itu kita ada jenis Saudi, Turki dan lainnya," ujar Agus.

Sementara itu, salah seorang pembeli kurma, Ayu mengaku sengaja membeli kurma sebagai persediaan untuk puasa Ramadhan. Menurut dia, selain merupakan Sunnah Rasul, kurma juga baik dikonsumsi karena dapat menjaga kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa.

"Rutin beli kurma setiap menjelang Ramadhan. Biasanya yang jenis Ajwa karena memang rasanya enak," kata Ayu.

 

 

Terpopuler