Warga Muslim Palembang Pawai Kendaraan Hias Sambut Ramadhan

Red: Nashih Nashrullah

Rabu 30 Mar 2022 22:51 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Pawai kendaraan hias sambut Ramadhan dinantikan warga Palembang Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Pawai kendaraan hias sambut Ramadhan dinantikan warga Palembang

REPUBLIKA.CO.ID,  PALEMBANG— Warga muslim di Kota Palembang, Sumatra Selatan, menggelar pawai kendaraan hias melintasi jalan protokol dan pusat keramaian di daerah itu untuk menyambut Ramadhan 1443 Hijriyah pada awal April 2022.

Puluhan kendaraan hias perwakilan masyarakat dari 18 kecamatan di Kota Palembang melakukan pawai keliling kota mulai dari halaman Griya Agung, rumah dinas Gubernur Sumsel, di Palembang, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga

Pawai kendaraan tersebut dimulai pukul 16.00 WIB dengan rute dari Griya Agung menuju Jalan Angkatan 45, Jalan Kapten Arivai, Jenderal Sudirman belok dari samping jembatan layang Polda Sumsel menuju arah Jalan Demang Lebar Daun, dan kembali ke Griya Agung.

Pawai di waktu kondisi lalu lintas padat atau jam masyarakat pulang kerja itu berjalan cukup tertib dan lancar dengan pengaman jalur oleh petugas Polantas Polrestabes dan Dinas Perhubungan setempat.

Pimpinan Panitia Pelaksana Pawai Kendaraan Hias Ramadhan, Ustadz Solihin Hasibuan, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai wujud rasa suka cita warga Palembang menyambut tibanya bulan puasa Ramadhan.

Bulan puasa Ramadhan, katanya, bulan penuh berkah dan dirindukan warga Muslim di Kota Palembang ini dan daerah lainnya. Melalui pawai kendaraan hias itu, diharapkan dapat mengingatkan warga kota ini bahwa bulan Ramadhan sudah dekat dan harus mulai melakukan berbagai persiapan agar seluruh rangkaian ibadah puasa bisa dilakukan dengan baik.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengimbau masyarakat yang mengikuti pawai kendaraan untuk melakukan kegiatan tersebut dengan tertib dan mematuhi aturan lalu lintas serta protokol kesehatan guna mengantisipasi penularan Covid-19.

"Semoga ibadah puasa tahun ini bisa dilaksanakan masyarakat lebih baik meskipun pandemi Covid-19 yang melanda sejak dua tahun lalu belum berakhir," ujar dia.