Wapres: Mudah-mudahan Penetapan Awal Ramadhan Sama

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 29 Mar 2022 18:46 WIB

 Wapres: Mudah-mudahan Penetapan Awal Ramadhan Sama. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Wapres: Mudah-mudahan Penetapan Awal Ramadhan Sama. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap penetapan awal Ramadhan pemerintah sama dengan Muhammadiyah. Hal ini disampaikan Wapres, lantaran ada potensi penentuan awal puasa tahun 2022 ini bisa berbeda.

Muhammadiyah diketahui sudah mengeluarkan keputusan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu (2/4). Sedangkan, pemerintah bakal menggelar Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1443 Hijriyah pada Jumat (1/4).

Baca Juga

"Kalau awal ramadhan itu kan memang kecuali Muhammadiyah sudah ada kesepakatan sistem atau cara penetapan melalui sidang Isbat di Kementerian Agama. Diharapkan tahun ini masih sama antara Muhammadiyah dan pemerintah," kata Wapres dalam keterangan persnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (29/3).

Wapres menjelaskan, memang penetapan awal Ramadhan antara Muhammadiyah dan Pemerintah memiliki pendekatan berbeda. Jika Muhammadiyah menggunakan metode hisab wujudul hilal, maka pemerintah menggunakan metode imkanur rukyat atau mengamati langsung hilal minimal dua derajat.

Ia mengatakan, jika melihat tahun ini kemungkinan lebih dari dua derajat maka penetapan awal puasa akan sama.

"Mudah-mudahan sama," lanjut Wapres.

Namun demikian, jika nantinya tidak sama, Wapres menilai tidak akan menjadi masalah. Karena selama ini, sudah ada toleransi dalam penetapan awal puasa.

"Tetapi walaupun tidak sama, itu sudah ada semacam pemahaman bersama ya. Artinya ada toleransi, ya misalnya Muhammadiyah dengan pendekatan namanya wujudul hilal, kalau dia asal ada hilal. Tapi kalau pemerintah itu ada imkanur rukyat, kemungkinan rukyat, minimal dua derajat," katanya.

 

 

Terpopuler