Cara Muslim di Toledo Sambut Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Selasa 29 Mar 2022 16:00 WIB

Muslim Toledo Foto: About Islam Muslim Toledo

REPUBLIKA.CO.ID, OHIO -- Sebagai bulan yang paling dinanti dalam kalender Islam, Ramadhan biasanya mendapat sambutan khusus dari umat Islam di seluruh dunia. Dalam rentang waktu ini, banyak yang berharap mendapat berkah dengan melakukan lebih banyak ibadah untuk mencapai kondisi spiritual yang lebih tinggi.

Di Ohio, anggota Islamic Center of Greater Toledo akan mengadakan acara kumpul-kumpul pada Jumat (1/4/2022). Tujuan kegiatan khusus malam hari ini untuk menghidupkan kembali tradisi melihat bulan sabit Ramadhan.

Baca Juga

"Pada Jumat depan, 1 April pukul 18:30 di Islamic Center, Anda semua diundang untuk Makan Malam Potluck & Ramadhan Talk di dalam ruangan di aula Sosial, diikuti dengan Moonsighting di luar di teras ICGT,” tulis mereka dalam halaman Facebook resminya, dikutip di About Islam, Selasa (29/3).

Saat Ramadhan dimulai ketika bulan sabit muncul di langit, umat Islam telah mengikuti tradisi melihat bulan pada hari terakhir Sya'ban selama berabad-abad. Tahun ini, komunitas Muslim Toledo akan mengikuti tradisi yang dianut sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

“Ajak keluarga Anda dan nikmati malam Ramadhan ini dan mari berdoa untuk berkah melihat Bulan Sabit seperti kebiasaan di zaman Nabi Muhammad SAW," lanjut mereka.

Islamic Center mengatakan, mereka telah berkoordinasi dengan planetarium Universitas Lourdes untuk menentukan waktu yang tepat dari kemunculan bulan sabit antara pukul 20:20 hingga 20:30.