Beginilah Dzikir Ketika Melihat Hilal

Red: Muhammad Subarkah

 Senin 28 Mar 2022 15:05 WIB

Jamaah Tarekat Syattariyah melakukan tradisi menilik bulan (hilal), di Pantai Ulakan, Padangpariaman, Sumatera Barat, Rabu (14/4/2021). Sebagian Jamaah Syattariyah Sumbar menentukan jatuhnya 1 Ramadhan dengan menilik bulan menggunakan mata telanjang di pantai berdasarkan penghitungan hisab takwim khamsiah, dan mereka akan mulai berpuasa pada Kamis (15/4/2021). Foto: Antara/Iggoy el Fitra Jamaah Tarekat Syattariyah melakukan tradisi menilik bulan (hilal), di Pantai Ulakan, Padangpariaman, Sumatera Barat, Rabu (14/4/2021). Sebagian Jamaah Syattariyah Sumbar menentukan jatuhnya 1 Ramadhan dengan menilik bulan menggunakan mata telanjang di pantai berdasarkan penghitungan hisab takwim khamsiah, dan mereka akan mulai berpuasa pada Kamis (15/4/2021).

Amalan dzikir ketika melihat hilal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa hari ke depan, umat islam akan bertemu dengan bulan yang dinanti yakni bulan suci Ramadhan. Dan hendaknya ketika seseorang melihat hilal, dia membaca dzikir yang telah dicontohkan. 

Dikutip dari buku Fikih Puasa untuk Anak oleh Muhammad Abduh Tuasikal, berikut Dzikir yang dibaca ketika melihat hilal,
 
اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ علَيْنَا بِالْيُمْنِ والإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ والإِسْلامِ، رَبِّي ورَبُّكَ اللَّه
 
“ALLAHUMMA AHLIL-HU ‘ALAYNAA BIL-YUMNI WAL IIMAANI WAS SALAAMATI WAL ISLAAMI. ROBBII WA ROBBUKALLAH.
 
Artinya: Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu--wahai bulan sabit--adalah Allah).” (HR. Ahmad, 1:162; Tirmidzi, no. 3451; dan Ad-Darimi. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih)
 
Adapun Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran dan kitab suci lainnya yang Allah turunkan. Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Karenanya umat bersemangat melakukan kebaikan di bulan Ramadan, sedangkan maksiat berkurang.
 
Selain itu, ada malam penuh kemuliaan di bulan Ramadan yaitu lailatul qadar. Ibadah di dalamnya lebih baik daripada ibadah pada seribu bulan lainnya.
 
Bulan Ramadan juga bulan penuh rahmat, ampunan, dan banyak yang dibebaskan dari neraka. Doa di bulan Ramadan mudah dikabulkan.
 
Rossi Handayani 
 
 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X