Sambut Ramadhan, Ribuan Warga Palestina Bersihkan Masjid Al Aqsa

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 28 Mar 2022 08:41 WIB

 Warga Palestina berkumpul di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Kamis (13/5), usai melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 H.  Sambut Ramadhan, Ribuan Warga Palestina Bersihkan Masjid Al Aqsa Foto: AP/Mahmoud Illean Warga Palestina berkumpul di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, Kamis (13/5), usai melaksanakan sholat Idul Fitri 1442 H. Sambut Ramadhan, Ribuan Warga Palestina Bersihkan Masjid Al Aqsa

Warga Palestina membersihkan taman beraspal kompleks masjid dan sekitarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Ribuan warga Palestina dari Yerusalem Timur berkumpul untuk membersihkan Masjid Al Aqsa dan sekitarnya dalam persiapan menghadapi bulan suci Ramadhan, Sabtu (26/3/2022). Hampir 10 ribu sukarelawan dilaporkan melakukan kegiatan tersebut. 

Warga Palestina membersihkan taman beraspal kompleks masjid, memelihara makam di sekitarnya, dan mempersiapkan interior masjid untuk kedatangan jamaah yang diharapkan datang pada awal bulan suci. Acara massal yang diselenggarakan oleh Gerakan Islam di Palestina ini sudah berlangsung selama 13 tahun.

Baca Juga

"Lebih dari 150 bus tiba di Yerusalem pada Sabtu penuh dengan pria, wanita dan anak-anak yang siap bekerja," kata sebuah pernyataan dari penyelenggara, dilansir dari The New Arab, Ahad (27/3/2022).

Relawan juga mengambil bagian dalam lokakarya restorasi untuk rumah-rumah Palestina di Kota Tua yang mengapit masjid Al Aqsa, di mana sumber daya untuk melindungi dan memelihara bangunan yang rentan langka. "Harapan kami adalah suatu hari kami akan dapat melakukan ini dalam kebebasan," kata salah seorang relawan dalam cicitannya di Twitter, Adnan Abu Amer. 

Mantan kepala Gerakan Islam di Palestina Hamid Abu Duabis menyebut aksi ini untuk melindungi situs suci yang merupakan bagian sejarah bagi warga Palestina. "Di kota yang diberkati ini kami menghadapi perjuangan untuk narasi Palestina, untuk kehadiran dan stabilitas kami, sejarah kami dan geografi kami," ujarnya. 

"Dengan membersihkan dan melindungi Masjid Al Aqsa, kami mengendalikan narasi dan membuatnya diketahui semua orang," kata Abu Duabis.

Al Aqsa dan kompleks sekitarnya secara teratur menyambut lebih dari 100 ribu jamaah selama bulan puasa. Lebih dari 400 ribu Muslim dari seluruh dunia datang untuk berdoa pada Lailatul Qadar, malam paling suci, pada 2016. Bulan Ramadhan tahun ini bertepatan dengan peringatan 74 tahun Nakbah Palestina.

Periode waktu tersebut juga akan menandai satu tahun sejak gelombang protes Palestina diluncurkan selama bulan Ramadhan tahun lalu, yang dijuluki "Pemberontakan Mei", yang dipicu oleh pembubaran jamaah dengan kekerasan oleh otoritas Israel di masjid Al-Aqsa dan upaya untuk menggusur keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah.

Ketegangan tetap tinggi di kota itu menyusul pembunuhan sembilan warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem. Salah satu dari mereka, berusia 19 tahun, dibunuh oleh polisi Israel setelah dia diduga menikam dan melukai dua tentara Israel di kota tua Yerusalem. Seorang anak berusia 16 tahun lainnya dibunuh oleh tentara Israel dalam serangan di kota Abu Dis, di Selatan Yerusalem. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X