Mengungkap Keajaiban Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Sabtu 26 Mar 2022 06:26 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

Untuk aspek sosial, Ramadhan juga dikenal se bagai bulan kedermawanan. Rasulullah SAW mencontohkan kepada kita tentang keutamaan ber sedekah selama bulan puasa. Ibnu Abbas Ra bahkan menjelaskan, Rasulullah Shallallahu`alaihi Wasallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril.Ji bril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Alquran. Dan kedermawanan Rasulullah Shallallahu`alaihi Wasallam melebihi angin yang berembus (HR Bukhari, no 6).

Dikatakan melebihi angin yang berembus karena Rasulullah amat ringan dalam memberi.Beliau SAW tak pernah berpikir panjang dan ce pat dalam bersedekah.

 

Terakhir, puasa tentu saja meneguhkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.Sebagai ibadah sunyi yang tak bisa tampak oleh mata manusia, pertanggungjawaban kita hanya lah kepada Allah Ta'ala. Wahai orang- orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa(QS al- Baqarah ayat 183).