UEA Umumkan Jumlah Zakat Fitrah untuk Ramadhan 2022 

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 24 Mar 2022 20:29 WIB

Ilustrasi Zakat Fitrah. UEA Umumkan Jumlah Zakat Fitrah untuk Ramadhan 2022  Foto: Foto : MgRol_92 Ilustrasi Zakat Fitrah. UEA Umumkan Jumlah Zakat Fitrah untuk Ramadhan 2022 

Zakat fitrah dapat diberikan dari awal Ramadhan hingga sebelum Sholat Idul Fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Zakat fitrah adalah zakat yang diberikan kepada fakir miskin beberapa hari sebelum bulan suci Ramadhan berakhir. Zakat dapat diberikan dari awal Ramadhan hingga pagi Idul Fitri sebelum waktu sholat Idul Fitri.

Setiap Muslim pria dan wanita yang memiliki lebih dari yang mereka butuhkan, wajib menyumbangkan zakat fitrah, seperti yang diperintahkan Nabi Muhammad SAW. Kepala rumah tangga juga harus memberikan zakat fitrah untuk setiap anggota keluarganya yang belum berpenghasilan.

Baca Juga

Dilansir Khaleej Times pada Rabu (23/2/2022), Dewan Fatwa Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan jumlah zakat fitrah, sebagai berikut.

  • 15 dirham atau sekitar Rp 58,6 ribu
Ini merupakan jumlah untuk memberi makan berbuka puasa bagi yang membutuhkan. Penduduk dapat menyumbangkan makanan melalui badan amal terdaftar yang beroperasi di negara tersebut.

  • 15 dirham atau sekitar Rp 58,6 ribu
Fidyah (ganti rugi). Makanan senilai jumlah ini harus diberikan kepada orang miskin jika seseorang tidak dapat berpuasa karena usia tua atau sakit.

  • 900 dirham atau sekitar Rp 3,5 juta kafarat (kompensasi)
Seseorang yang melewatkan atau mengakhiri puasa tanpa alasan yang sah harus membayar cukup untuk memberi makan 60 orang miskin. Tahun ini, jumlahnya adalah 900 dirham atau sekitar Rp 3,5 juta.

Fidyah dan kafarat disalurkan melalui badan amal yang terdaftar di UEA. Bulan suci Ramadhan kemungkinan akan dimulai pada 2 April tahun ini. Menurut prediksi astronomi, Ramadhan diperkirakan berlangsung 30 hari. Idul Fitri diperkirakan jatuh pada 2 Mei 2022.

https://www.khaleejtimes.com/ramadan/ramadan-2022-in-uae-zakat-al-fitr-amount-announced

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X