Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 25 Mar 2022 01:30 WIB

Ilustrasi keluarga umat Muslim Bangladesh berdoa sebelum berbuka puasa di rumahnya pada bulan suci Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Rabu (13/5). Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan Foto:

Umat Muslim perlu manajemen waktu dan rencana praktis selama Ramadhan.

Istirahat

Agar Anda dapat menyelesaikan Ramadhan dengan kecepatan yang sama seperti bulan sebelumnya, Anda membutuhkan jam tidur yang cukup.

Makan dengan baik

Makan sehat akan memberi energi yang Anda butuhkan untuk bekerja, beribadah, dan melakukan semua tanggung jawab Anda. Hindari makan junk food dan makanan tinggi lemak. Hal seperti ini membuat Anda lesu dan malas serta menimbulkan risiko kesehatan. Setelah Anda mengetahui bagaimana mengatur waktu, bantulah orang lain, terutama anggota keluarga dalam melakukannya.

Olahraga

Banyak orang percaya Ramadhan adalah waktu terburuk untuk berolahraga, namun kenyataannya tidak demikian. Anda dapat melakukan peregangan selama beberapa menit atau melakukan olahraga apa pun yang memperkuat tubuh dan membantu Anda merasa lebih baik.

Wanita bekerja

Wanita yang bekerja, sebagian besar terbiasa dengan manajemen waktu, daftar periksa, dan mengatur tugas sebelumnya. Bekerja secara efisien adalah gerbang penting menuju surga, jadi selalu pastikan Anda melakukan pekerjaan dengan baik yang pada dasarnya akan mencerminkan psikologi Anda dengan cara yang positif.

Atur jadwal dengan hati-hati. Sesuaikan jam kerja sehingga Anda memiliki waktu cukup untuk tidur, bekerja, dan waktu yang baik untuk dihabiskan bersama keluarga. Manfaatkan waktu istirahat dan waktu dalam transportasi untuk membaca Alquran dan dzikir. Bantu rekan-rekan Muslim Anda memanfaatkan bulan suci dengan saling bertukar informasi, dan saling menyemangati.

Libatkan keluarga

Anda bisa mendapatkan bantuan dari anggota keluarga dalam hal tanggung jawab rumah tangga. Anda harus selalu tahu manajemen waktu bukanlah alat untuk menyelesaikan lebih banyak tugas. Ini lebih merupakan sistem yang membantu Anda memiliki visi jelas tentang apa yang ingin Anda lakukan. 

photo
Ilustrasi anak berpuasa, menunggu berbuka puasa, menunggu berbuka, godaan puasa. - (Republika/Yogi Ardhi)
 

https://aboutislam.net/family-life/husbands-wives/tips-women-get-ready-ramadan/

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X