Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 25 Mar 2022 01:30 WIB

Ilustrasi keluarga umat Muslim Bangladesh berdoa sebelum berbuka puasa di rumahnya pada bulan suci Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Rabu (13/5). Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan Foto:

Umat Muslim perlu manajemen waktu dan rencana praktis selama Ramadhan.

Jaga agar rumah tetap teratur

Ini akan memudahkan Anda dan menghemat waktu mencari barang.

Tetapkan prioritas 

Mulailah dengan aktivitas paling dasar dan lanjutkan ke aktivitas yang kurang penting bagi Anda. Jangan menjadwalkan apa yang menurut Anda kurang penting sebelumnya, berkonsentrasilah pada tugas yang lebih penting dan lakukan dengan cepat.

Buat jadwal untuk janji dan kunjungan 

Jika bisa, hindari jalan-jalan yang tidak perlu dan tetapkan tanggal dan waktu tertentu. Jelaskan kepada keluarga dan teman-teman Ramadhan adalah waktu khusus untuk Anda, dan Anda lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk berdoa. Anda dapat menunda pertemuan sampai nanti.

Pintar-pintarlah saat mengundang orang

Mengundang teman untuk berbuka puasa adalah cara yang bagus untuk membawa kebahagiaan bagi Anda dan tamu, tetapi juga bisa menjadi beban besar jika Anda tidak memiliki strategi baik. Siapkan makanan mudah yang tidak membutuhkan banyak waktu atau usaha. Jika bisa, siapkan sebagian atau seluruh hidangan sebelumnya sehingga Anda tidak perlu melakukan semuanya di hari yang sama.

Jika memungkinkan, mintalah seseorang membantu menyiapkan makanan, mengangkat, dan mencuci piring. Jika Anda memiliki anak, biarkan mereka membantu juga. Pastikan Anda membagi makanan dalam piring sehingga masing-masing tamu mendapat bagiannya. 

Buat daftar periksa (checklist)

Ini akan berfungsi sebagai pengingat yang baik serta peringatan jika Anda menempatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tugas. Anda harus membuat satu untuk setiap anak. Jangan menunda sesuatu sampai besok, jika Anda memiliki tugas, selesaikan saat itu juga.

photo
Pengurus masjid membagikan berkat atau makanan kepada warga saat nyadran di Masjid Pathok Negoro Plosokuning, Sleman, Yogyakarta, Jumat (18/3/2022). Tradisi Nyadran biasa dilakukan warga di Plosokuning jelang Ramadhan. Usai shalat Jumat warga membawa berbagai makanan dan dilanjutkan berdoa bersama mendoakan leluhur di masjid. Makanan yang dibawa kemudian dibagikan kepada warga yang ikut Nyadran. - (Wihdan Hidayat / Republika)
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X