Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 25 Mar 2022 01:30 WIB

Ilustrasi keluarga umat Muslim Bangladesh berdoa sebelum berbuka puasa di rumahnya pada bulan suci Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Rabu (13/5). Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan Foto: EPA-EFE/MONIRUL ALAM Ilustrasi keluarga umat Muslim Bangladesh berdoa sebelum berbuka puasa di rumahnya pada bulan suci Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Rabu (13/5). Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan

Umat Muslim perlu manajemen waktu dan rencana praktis selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muslim di seluruh dunia mulai menghitung mundur Ramadhan dengan semangat luar biasa dan harapan kuat untuk mencapai banyak hal dan memanfaatkan bulan suci ini dengan sebaik-baiknya. Namun niat saja tidak cukup.

Umat Muslim perlu manajemen waktu dan rencana praktis untuk mencapai tujuan sepanjang Ramadhan. Seringkali kita memiliki banyak tugas tambahan selama Ramadhan, terutama jika mereka bekerja.

Baca Juga

Istri atau suami juga memainkan peran penting dan krusial dalam membantu anak-anak mereka memahami apa itu Ramadhan, serta merencanakan kegiatan dan hiburan terkait Ramadhan. Manajemen waktu tidak hanya mencakup bagaimana Anda mengatur waktu selama Ramadhan, tetapi juga bagaimana mengurangi pekerjaan dan tanggung jawab selama bulan suci.

Prioritas, kemampuan, dan keadaan setiap orang unik, namun Anda dapat menyesuaikan saran berikut agar sesuai dengan gaya hidup. Berikut adalah tips yang bermanfaat untuk Anda.

Tips Mengatur Waktu Ibadah, Bekerja, dan Urusan Rumah Saat Ramadhan

Tetapkan tujuan yang realistis

Jangan menetapkan tujuan yang tidak realistis untuk diri sendiri. Selalu ingat Anda bukan orang super. Anda juga  tidak berdaya jika membuat strategi realistis yang selaras dengan kemampuan, tanggung jawab, dan keadaan.

Sederhanakan

Jangan kewalahan dengan daftar makanan yang harus disiapkan setiap hari untuk berbuka puasa. Pastikan makanan Anda sehat dan mengandung semua nutrisi penting.

Siapkan dapur

Siapkan bahan-bahan yang berbeda untuk sebelum Ramadhan. Siapkan bawang bombay, bawang putih, dan saus tomat dalam jumlah besar di lemari es, misalnya. Siapkan daging dan ayam dengan mencuci dan membumbuinya. Buat beberapa minuman aromatik/herbal di rumah dan simpan di lemari es.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X