Negara dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat, Indonesia Masuk Mana?

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 23 Mar 2022 20:40 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Negara dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat, Indonesia Masuk Mana? Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Negara dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat, Indonesia Masuk Mana?

Durasi puasa di tiap negara berbeda berdasarkan lokasi geografis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mayoritas umat Islam akan merayakan hari pertama Ramadhan pada Sabtu, 2 April 2022. Beberapa Muslim berpuasa lebih lama dan lebih singkat dibanding saudaranya di negara lain.

Durasi puasa ini berbeda berdasarkan lokasi geografis mereka. Di berbagai negara, jutaan Muslim akan berpuasa dari 11 hingga 20 jam.

Baca Juga

Muslim di Reykjavik, Islandia, misalnya, akan membuat rekor puasa terlama tahun ini, dengan waktu puasa 16 jam 50 menit. Di sisi lain, negara-negara di belahan bumi selatan akan memiliki durasi puasa yang lebih pendek. Umat Islam di Selandia Baru, Argentina, dan Afrika Selatan akan berpuasa rata-rata hanya 11 hingga 12 jam.

Setiap tahun, tahun Hijriyah tiba 11 hari lebih awal sehubungan dengan kalender Masehi. Pergeseran tahunan ini membuat bulan suci Ramadhan 9 Hijriyah bergerak melalui musim dalam siklus 33 tahun. Berikut daftar durasi puasa di beberapa negara di dunia selama Ramadan 2022, dilansir di About Islam.

Ushuaia: 10-12 jam

Capetown: 11-12 jam

Brasilia dan Jakarta: 12-13 jam

New Delhi dan Arab Saudi: 14-15 jam

Toronto: 15-16 jam

London: 16-17 jam

Longyearbyen: 21 jam

Negara dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat, Indonesia Masuk Mana?

Negara dengan durasi puasa terlama

Islandia (Reykjavik): 16 jam 50 menit

Polandia (Warsawa): 15 jam

London (UK): 15 jam 16 menit

Prancis (Paris): 15 jam 16 menit

Portugal: 16 jam 01 menit

Negara dengan durasi puasa tersingkat

Afrika Selatan (Johannesburg): 11 jam

Argentina (Buenos Aires): 11 jam 15 menit

Afrika (Cape Town): 11 jam 40 menit

Selandia Baru (Christchurch): 11 jam 55 menit

Paraguay (Ciudad del Este): 12 jam 01 menit

Muslim dewasa melakukan ibadah puasa, dan mereka yang bepergian, tidak makan, minum, merokok, dan berhubungan seks antara matahari terbit dan terbenam selama bulan Ramadhan, kecuali orang sakit. Umat Muslim memanfaatkan waktu mereka selama bulan suci dengan menjadi lebih dekat dengan Allah melalui doa, kontrol emosi dan melaukan perbuatan baik.

Sudah menjadi kebiasaan bagi umat Muslim untuk menghabiskan sebagian hari selama Ramadhan untuk mempelajari Alquran yang mulia. Banyak pria melakukan itikaf (berdiam diri di masjid dengan niat ibadah), dan menghabiskan 10 hari terakhir bulan di masjid.

https://aboutislam.net/muslim-issues/world/ramadan-2022-longest-shortest-fasting-hours/

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X