Semarakkan Ramadhan, Surakarta Hias Jalan dengan Lampion dan Ornamen

Red: Ani Nursalikah

 Selasa 22 Mar 2022 18:28 WIB

Ilustrasi hiasan Ramadhan. Semarakkan Ramadhan, Surakarta Hias Jalan dengan Lampion dan Ornamen Foto: Republika/Putra M. Akbar Ilustrasi hiasan Ramadhan. Semarakkan Ramadhan, Surakarta Hias Jalan dengan Lampion dan Ornamen

Pemasangan hiasan di Surakarta akan dimulai tiga hari menjelang Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah akan menghias jalan dengan lampion dan ornamen lain untuk menyemarakkan Bulan Ramadhan. Ketua Panitia Semarak Ramadan Kota Surakarta Sunarto Isstianto usai rapat koordinasi mengatakan  pemasangan hiasan jalan juga dimaksudkan untuk menyambut warga yang pulang ke kampung halaman saat Ramadhan.

"Kan sudah lama enggak ketemu, banyak acara keluarga yang ditinggalkan. Kami akan menghadirkan Kota Solo supaya bisa memberikan warna tersendiri," katanya, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga

Menurut dia, lampion akan dipasang di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan ornamen masjid akan dipasang di halaman Balai Kota Surakarta. "Akan ada juga simbol-simbol Asmaul Husna, lampunya akan menyala dengan bunyi-bunyian keislaman. Insya Allah di sepanjang Jalan Slamet Riyadi akan ada hiasan-hiasan, seperti di Kleco dan perempatan Ngarsopuro," katanya.

Ia menambahkan, pemasangan hiasan akan dimulai tiga hari menjelang Ramadhan. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berharap Ramadhan juga bisa menjadi masa pemulihan ekonomi.

"Yang jelas, dengan makin turunnya angka (kasus Covid-19) aktif di Solo bisa sekalian untuk melakukan pemulihan ekonomi. Ramadhan sebentar lagi, jadi kami kejar di dalam satu bulan ke depan," katanya.

Menurut dia, pemerintah kota berencana menutup satu ruas jalan untuk dijadikan sebagai tempat penjualan takjil selama Ramadhan. "Untuk penjualan takjil nanti kemungkinan di Jalan Mayor Sunaryo, ditutup setiap hari mulai jam 15.00 WIB. Namun ini belum pasti, kami akan koordinasikan dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UKM," katanya.

Ia mengatakan pemerintah kota akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi keramaian semasa Ramadhan. "Sudah dikondisikan oleh Pak Dandim, Pak Kapolres, dan Satpol PP. Mungkin keramaian hampir sama saat Imlek, lainnya kami antisipasi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X