Kapan 1 Ramadhan 2022 di UEA?

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko

Jumat 04 Mar 2022 17:41 WIB

Ramadhan a di Dubai, Uni Emirat Arab (Ilustrasi). Ramadhan di Uni Emirat Arab Foto:

1

Apa kewajiban yang dimiliki umat Islam selama bulan suci?

Puasa adalah wajib bagi semua umat Islam dalam keadaan sehat. Muslim biasanya melakukan lebih banyak tindakan amal selama bulan itu, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang yang dicintai dan memperkuat iman mereka. Beberapa mungkin berhenti dari kebiasaan seperti minum kopi dan merokok.

Beberapa Muslim juga akan melakukan Umrah, ziarah ke Makkah, tempat kelahiran Nabi Muhammad di Arab Saudi, yang dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun, tidak seperti haji yang memiliki waktu tertentu.

Pihak berwenang di Arab Saudi telah mengkonfirmasi bahwa peziarah asing akan diizinkan untuk melakukan Umroh tahun ini. Tetapi mereka harus mendapatkan sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh otoritas di negara mereka dan itu harus dilampirkan dalam aplikasi ketika mendaftar. Umroh dapat dilakukan berulang kali dengan jarak 10 hari dari umroh pertama.

Masjid dibuka selama Ramadhan pada 2021, tetapi harus didesinfeksi sebelum dan sesudah sholat. Salat Tarawih, yang diadakan setelah isya dan termasuk di antara salat sunah utama bagi umat Islam selama Ramadhan, dilakukan di bawah protokol, termasuk batasan kapasitas dan  wajib masker. 

Jamaah juga harus membawa sajadah dan salinan Al-Qur'an mereka sendiri, dan mengikuti protokol jarak sosial.

Bagaimana dengan buka puasa?

Keluarga dihimbau untuk tidak menggelar buka puasa bersama dalam kelompok besar karena risiko yang ditimbulkan oleh penyebaran Covid-19.  

Masjid-masjid pun tidak menyiapkan tenda-tenda yang biasanya ditempatkan di luar masjid untuk mendistribusikan makanan buka puasa gratis. Selama pandemi ini, makanan buka puasa gratis akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di tujuh emirat melalui akomodasi pekerja.

Pihak berwenang akan mengumumkan protokol apa pun yang lebih dekat dengan waktu, berdasarkan situasi Covid di negara tersebut.

 

Terpopuler