4 Ayat Alquran Tegaskan Benda tak Bernyawa Bertasbih kepada Allah SWT

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

 Kamis 16 Dec 2021 22:11 WIB

Alquran menegaskan segala benda hidup dan benda mati ikut bertasbih. Ilustrasi Alquran  Foto: republika Alquran menegaskan segala benda hidup dan benda mati ikut bertasbih. Ilustrasi Alquran

Alquran menegaskan segala benda hidup dan benda mati ikut bertasbih

REPUBLIKA.CO.ID, —Semua ciptaan tunduk kepada Allah ﷻ dan memanjatkan pujian kepada Nya serta patuh kepada dengan sukarela.  

 

Baca Juga

Seperti kisah batang kayu yang bersuara. Ketika seorang tukang kayu membuat mimbar baru untuk Nabi Muhammad ﷺ untuk khutbahnya, dia menyingkirkan batang pohon palem yang dia sandarkan, dan yang terakhir terdengar mengerang seperti unta. 

 

Maka Rasulullah turun dan menepuk-nepuknya hingga erangan itu berhenti. Banyak sahabat termasuk Ibnu Abbas, Ubayy bin Ka'b, Abu Sa'id al-Khudhri, dan Jabir bin Abdullah telah mengisahkan kejadian ini. Nabi ﷺ berkata:  

 

ما من مسلمٍ يلبِّي إلَّا لبَّى من عن يمينِه أو عن شمالِه من حجرٍ أو شجرٍ أو مدرٍ حتَّى تَنقطعَ الأرضُ من هاهنا وَهاهنا

 

 “Tidak ada Muslim (dalam perjalanan haji) menjawab panggilan Allah ﷻ dan mengucapkan kata-kata talbiyah tanpa semua ciptaan Allahﷻ di kanan dan kiri, termasuk batu, pohon, dan lumpur dari ujung bumi ke ujung bumi yang lain mengulangi hal yang sama.” (Diriwayatkan oleh Tirmidzi) 

 

Melansir laman askthescholar.com, selain hadits, juga empat dalil Alquran menguatkan pernyataan tersebut:  

 

Pertama, An Nahl ayat 49-50

 

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مِنْ دَابَّةٍ وَالْمَلَائِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ.يَخَافُونَ رَبَّهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ ۩

 

“Dan segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi hanya bersujud kepada Allah, yaitu semua makhluk bergerak (bernyawa) dan (juga) para malaikat, dan mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.

Baca juga: Mualaf Koh Asen, Tergugah Buku Seputar Alam Gaib  

http://republika.co.id/berita//r3rnkr320/mualaf-koh-asen-tergugah-buku-seputar-alam-gaib%c2%a0%c2%a0   

 

 

Mereka takut kepada Tuhan yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).” 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X