Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah di Padang Idul Fitri Hari Ini

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Rabu 12 May 2021 16:51 WIB

Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah melaksanakan salat Iduladha di Musala Baitul Makmur, Pauh, Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/8). Foto: Antara/Iggoy el Fitra Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah melaksanakan salat Iduladha di Musala Baitul Makmur, Pauh, Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah sudah merayakan Idul Fitri 1442 H hari ini, Rabu (12/5).

Imam Naqsyabandiyah Padang, Afrizal, mengatakan mereka sudah melaksanakan sholat Id pagi ini. Karena masih di tengah situasi pandemi, mereka sudah mewanti-wanti seluruh jamaah supaya menerapkan protokol kesehatan sejak dari rumah masing-masing sampai ke masjid tempat sholat Id.

Baca Juga

"Sudah kami anjurkan kepada semua jamaah agar menaati prokes yang seperti yang dikatakan pemerintah. Terlebih yang sudah lansia supaya disiplin ketat prokes," kata Afrizal.

Afrizal menyebut untuk menentukan Idul Fitri 1442 H jatuh hari ini, mereka menggunakan metode penetapan dengan kalender munjid. Total, jamaah Tarekat Naqsyabandiyah sudah melaksanakan puasa Ramadhan selama 30 hari sampai Selasa (11/5) kemarin.

Sekretaris Naqsabandiyah Sumbar, Edizon Revindo, mengatakan melalui kalender Munjid,  Naqsabandiyah sudah tahu tanggal pelaksanaan dimulainya ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri sejak jauh-jauh hari. Menurut Edizon awal puasa tahun lalu jatuh pada Kamis sehingga puasa tahun ini jatuh pada Senin 12 April 2021. "Kemudian untuk Lebaran ditetapkan setelah 30 hari puasa dan jatuh pada 12 Mei 2021 hari ini," ucap Edizon.

Edizon mengatakan di Sumatra Barat ada 2.500 orang jamaah tarekat Naqsyabandiyah. Mereka tersebar di  Padang, Pesisir Selatan, Payakumbuh, Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan lainnya.