Pengalaman Anak-Anak Muslim Australia Berpuasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 10 May 2021 20:03 WIB

Pengalaman Anak-Anak Muslim Australia Berpuasa. Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

Seorang dokter anak yang tinggal di Melbourne, Australia Rubina Hameed mengatakan anak-anak meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Jika orang dewasa melakukannya dengan cara yang benar, maka anak-anak akan mempelajari kebiasaan yang benar untuk hidup.

“Jadi perkenalkan (puasa) dengan menjadi panutan yang baik dengan makan makanan sehat dalam porsi yang tepat, dengan memiliki sikap positif terhadap makanan dan minuman, dengan mengajari mereka tentang mensyukuri makanan dan memberi pahala serta memuji mereka karena telah berpartisipasi (puasa)," ujar Hameed.

Menurut guru dan konselor siswa di Australian International Academy of Education (AIA), sebuah sekolah Muslim di Melbourne, Belal Assaad, mengajarkan anak-anak nilai dan moral dibalik puasa sebelum mengizinkan mereka melakukannya juga penting. Puasa di antaranya mengajarkan tentang arti menahan dan memberikan kekuatan.

"Jika bisa melakukan itu, maka kamu memiliki kekuatan, dan kekuatan yang ada di dalam dirimu juga untuk menahan diri dari hal-hal buruk lainnya, seperti amarah, kekerasan, dan pelecehan verbal terhadap orang lain,” ujarnya.

"Puasa sebenarnya tentang menghentikan diri sendiri dan menghindari menyakiti orang lain dengan lidah, tindakan, dan perlakuan kita," tambahnya.