UAS Jelaskan Lima Amalan Utama 10 Hari Terakhir Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Jumat 07 May 2021 07:34 WIB

UAS Jelaskan Lima Amalan Utama 10 Hari Terakhir Ramadhan. Umat muslim menunaikan Shalat Tahajud saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto:

Rasulullah SAW bahkan mencontohkan menggiatkan ibadah.

1

Mengisi dengan beragam ibadah

Amalan yang juga utama pada 10 terakhir bulan Ramadhan ini adalah dengan mengisinya dengan ibadah-ibadah terbaik, yakni qiyamul lail seperti tarawih, tahajud, membaca Alquran, memperbanyak istighfar hingga shalawat. Shalawat seperti “Allahumma Sholli Ala sayyidina Muhammad wa ala Aalihi sayyidina Muhammad” yang ringan bisa banyak dibaca di 10 hari terakhir Ramadhan.

Sepuluh hari terakhir ini juga perlu diisi dengan merenung dan muhasabah diri. Introspeksi diri atas semua dosa dan bekal akhirat yang masih sedikit.

Menunaikan zakat fitrah

Membayar zakat fitrah menjadi amalan utama dalam 10 hari terakhir Ramadhan. Amalan ini memang termasuk wajib dilakukan bagi setiap Muslim dengan memberikan zakat terbaik. 

Pembayarannya bisa ditunaikan dengan makanan pokok seperti beras atau dengan uang. “Timbangan Syafi’i 2,40 kalau Kemenag 2,5, kata kiai saya 2,7. Atau kalau bingung genapkan 3 kilogram,” katanya.

“Beras yang paling enak, paling nyaman, lezat sedap, paling kenyang itu yang dibayarkan zakat fitrah. Jangan makan beras enak, untuk bayar zakat fitrah beras raskin (beras miskin),” tambahnya.

photo
Infografis Zakat Fitrah Sempurnakan Puasa - (Republika.co.id)

 

Berita Lainnya