Kodiklat TNI AD Gelar Peringatan Nuzulul Quran

Rep: Djoko Suceno/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 05 May 2021 22:20 WIB

Kodiklat TNI AD memggelar acara peringatan Nuzulul Quran Foto: penerangan kodiklatad Kodiklat TNI AD memggelar acara peringatan Nuzulul Quran

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kodiklat TNI AD menyelenggarakan kegiatan peringatan Nuzulul Quran 1442 H bertempat di Masjid Junudurrahmah, Selasa (4/5). Dalam sambutannya, Komandan Kodiklatad TNI AD,  Letjen TNI AM Putranto, SSos menyampaikan bahwa peringatan Nuzulul Quran pada hakekatnya adalah perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menurunkan kitab suci Alquran di muka bumi  sebagai pedoman hidup bagi umat Islam.

Nuzulul Quran, kata  Putranto,  merupakan peristiwa besar dan penting bagi umat Islam di seluruh dunia.  Nuzulul Quran, imbuh dia, merupakan momen dimana Alquran pertama kali diturunkan melalui kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hiro.

Baca Juga

 “Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini banyak sekali dampak perubahan dalam kehidupan. Yang dulu ada menjadi kekurangan atau kehilangan pekerjaan, namun demikian yang paling penting adalah jangan sampai berkurangnya atau hilangnya ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena itu merupakan kunci kehidupan yang hakiki, ” kata Putranto dalam sambutannya.

Sementara itu, Dr KH Ahmad Humaedi,  dalam ceramahnya menyampaikan bahwa masa pandemi Covid-19  banyak memberikan pembelajaran yang luar biasa terhadap kehidupan manusia. Diantaranya, kata dia,  memperlihatkan bahwa Allah SWT itu Maha Kuasa dan dengan kekuasaannya itu dapat mengubah kehidupan manusia seperti saat ini.

Pembelajaran yang berikutnya dari pandemi, lanjut Humaedi, yaitu meningkatnya persatuan dan kesatuan serta solidaritas sesama manusia. Dalam situasi ini, imbuh dia, manusia dituntut bersabar dan saling membantu sesama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. ‘’Selalu berdoa dalam segala hal, karena yang dapat menolong dan menghentikan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini hanyalah Allah SWT.  Karena dengan doa akan membukakan jalan terbaik atas musibah yang terjadi bagi umat-Nya,  terlebih di bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat ini,’’tutur dia.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Komandan Kodiklatad, Wakil Inspektur, para Direktur,  dan seluruh personel militer dan ASN yang beragama Islam di lingkungan Kodiklatad.