Mengapa Dinamakan Malam Lailatur Qadar?

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 30 Apr 2021 18:37 WIB

Ilustrasi Malam Lailatul Qadar Foto: Republika/mgrol101 Ilustrasi Malam Lailatul Qadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- selain bulan turunnya Alquran, bulan Ramadan sangat istimewa karena di dalamnya terdapat Lailatul Qadar. Para ulama berbeda pendapat mengenai sebab mengapa disebut Lailatul Qadar.

Imam Ath-Thabari, Al-Qurthubi, An Nawawi, Ibnu Katsir, Ibnu Hajar al-Asqalani dan masih banyak lainnya menerangkan tentang sebab mengapa disebut Lailatur Qadar.

Baca Juga

Pertama, karena pada malam tersebut dicatat dan ditakdirkan segala takdir tahunan untuk seluruh hamba selama satu tahun penuh, baik usia, seluruh perbuatannya, dan semua nasibnya bahagia dan sengsara nasib mereka. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Ad-Dukhan ayat 4-5 yang artinya.

"Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul."

Kedua, Lailatul Qadar diambil dari kata dasar kata yang artinya Agung dan kemuliaan titik karena malam ini memiliki keagungan dan keistimewaan dibandingkan pada malam-malam yang lain, inilah yang dikatakan oleh Al-Baghawi.

Ketiga, malam ini sering dinamakan "Malam kemuliaan yang lebih baik dari 1.000 bulan" . Hal ini tercantum jelas dalam surat Al-Qadr ayat 3, Imam Mujahid menyetir ayat ini dengan makna yakni amal ibadah puasa di siang hari dan salat malam pada waktu itu lebih baik dari 1.000 bulan.

Keempat,  di malam ini pula Allah SWT memberikan keputusan dan perincian segala perkataan hamba-Nya hal ini yang dikatakan oleh Imam Mujahid dan an-Nawawi.

Itulah kata Candra empat hal mengenai Lailatul Qadar yang mewarnai bulan Ramadan. Rasulullah SAW mengisyaratkan jika ia datang hanya satu Ramadan saja dan bisa ditemui jika dicari.

"Dan pencarian itu bukan dengan setengah hati atau main-main karena ia teramat istimewa dan hanya diperuntukkan bagi orang-orang luar biasa tingkat kecintaan pada Rabbnya," katanya.

Terpopuler