Keberkahan Alquran

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani

Jumat 30 Apr 2021 16:15 WIB

Alquran Foto:

1

Lalu bagaimana dengan Alquran. Allah SWT menegaskan tentang keberkahan Alquran pada surat Al Anam ayat 92.

وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ مُصَدِّقُ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَلِتُنْذِرَ أُمَّ الْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا ۚ وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۖ وَهُمْ عَلَىٰ صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ

Artinya: "Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya,".

Prof Ahsin menerangkan kata mubaroqun menunjukan arti bahwa jangkauan dari keberkahan Alquran itu sangat begitu luas. Sebab itu, untuk memperoleh keberkahannya seseorang haruslah berinteraksi dengan Alquran. Prof Ahsin mengatakan seseoang yang berinteraksi dengan Alquran tidak akan mendapatkan kekecewaan sedikit pun. Melainkan orang tersebut diliputi keberuntungan bahkan hingga di alam akhirat. Prof Ahsin menjelaskan orang yang senantiasa berinteraksi dan cinta dengan Alquran maka akan dibangkitkan dengan Alquran dan memperoleh syafaat.

"Sekarang kalau kita cinta pada Alquran maka itu lah yang menjadikan amal kita itu, amal yang menajdikan kita itu bersama dengan Alquran Al Karim. Oleh karena itu lah orang kalau mempunyai bekal berupa cinta kepada Alquran itu sudah merupakan amal saleh. Melihat mushaf juga merupakan amal ibadah. Mendengarkan orang membaca Alquran juga ibadah, apalagi membacanya dengan bagus, membacanya dengan baik. Begitu juga berkumpul kumpul dengan teman untuk membaca Alquran mengkajinya semuanya adalah ibadah," jelasnya.

Karena itu Prof Ahsin mengajak umat Muslim di Indonesia senantiasa mengisi hari-hari dengan Alquran. Mulai dari lingkungan keluarga, dan lingkungan pertemanan.  Bahkan menurutnya akan lebih baik lagi bila dapat mempelajari kandungan Alquran.

"Manakala kita mempunyai niat yang bagus yang ikhlas kemudian kita ingin merengkuh kebaikan-kebaikan Alquran  InsyaAllah kehidupan kita akan semakin bagus lagi dan rahmat Allah akan tercurhakan, dengan demikian kita termasuk orang-orang yang dicintai Allah dan dengan kecintaan kepada Alquran kita akan mendapat syafaat di hari kiamat," katanya.