Bazma Kilang Balongan Distribusikan ZIS Ramadhan Bagi Dhuafa

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto

Senin 26 Apr 2021 15:55 WIB

Sebanyak 2.998 orang mustahik di Kabupaten indramayu menerima zakat, infak, dan sedekah (ZIS) Ramadhan yang disalurkan oleh Baituzakah Pertamina (Bazma) RU VI Balongan. Foto: Istimewa Sebanyak 2.998 orang mustahik di Kabupaten indramayu menerima zakat, infak, dan sedekah (ZIS) Ramadhan yang disalurkan oleh Baituzakah Pertamina (Bazma) RU VI Balongan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sebanyak 2.998 orang mustahik di Kabupaten indramayu menerima zakat, infak, dan sedekah (ZIS) Ramadhan yang disalurkan oleh Baituzakah Pertamina (Bazma) RU VI Balongan. Dana ZIS tersebut terkumpul dari para pekerja muslim di lingkungan RU VI Balongan.

Ribuan mustahik yang menerima ZIS Ramadhan Bazma RU VI Balongan itu sebagian besar merupakan para lansia dan dhuafa yang berada di wilayah Kabupaten Indramayu. Namun, adapula sebagian lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Subang, tepatnya di sekitar fasilitas Water Intake Facility Salamdarma milik RU VI Balongan.

Pengurus Bazma RU VI Balongan, Marzuki, menjelaskan, ZIS yang didistribusikan setiap bulan Ramadhan itu telah dikemas dalam bentuk kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, dan produk lainnya. Adapun nilai setiap bingkisannya sebesar Rp 100 ribu.

"Tahun ini total ZIS Ramadhan yang kami salurkan senilai hampir Rp 300 juta," kata Marzuki, usai pendistribusian ZIS di Balai Desa Majakerta, Senin (26/4).

Marzuki menambahkan, selain kepada masyarakat, ZIS Ramadhan itu juga disalurkan kepada sejumlah tukang becak, tukang sapu, dan petugas kerbersihan, yang sehari-hari bekerja di area Perumahan pekerja Pertamina  RU VI Balongan.

Sementara itu, Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan, Cecep Supriyatna, menambahkan, dana ZIS Ramadhan itu berasal dari penghasilan pekerja muslim di RU VI Balongan, yang disisihkan sebesar 2,5 persen setiap bulannya.

"Sudah menjadi kewajiban kita semua yang mampu dengan menyisihkan rezeki untuk masyarakat yang tidak mampu, apalagi dalam bulan Ramadhan penuh berkah ini," tutur Cecep.

Sementara itu, seorang warga Blok Dua RT 08 RW 02 Desa Majakerta, Karsih, mengaku senang bisa menerima ZIS Ramadhan dari Bazma RU VI. Dia mengatakan, bingkisan sembako tersebut digunakannya untuk keperluan sehari-hari. "Alhamdulillah," ujar Karsih.