Air Nira Kurma Banyak Dicari Saat Ramadhan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 25 Apr 2021 17:35 WIB

Air Nira Kurma Banyak Dicari Saat Ramadhan. Pohon kurma. Foto:

1

Zain mengatakan, seperti mimpi yang menjadi kenyataan karena sekarang dia bisa mendapatkan hampir puluhan ribu ringgit dengan menjual sari kurma. "Sari kurma dijual dengan harga 15 ringgit Malaysia per botol berisi 250 mililiter, dan untuk memastikan air nira yang diambil dari kurma tahan lama, saya akan memasukkan potongan kayu chengal ke dalam botol yang digantung di pohon," ujarnya.

"Biasanya pelanggan datang ke rumah saya atau langsung ke kebun saya untuk membelinya. Kebanyakan pelanggan hanya warga setempat karena (minumannya) tidak bertahan lama tapi ada kalanya saya kirim ini ke Kuala Lumpur," jelasnya.

Zain juga menggarap cuka kurma untuk dikomersialkan karena minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. "Cuka kurma dijual seharga 20 ringgit Malaysia sebotol 300 mililiter. Cuka ini berbeda dengan cuka makanan biasa karena sangat baik untuk kesehatan.

"Bahkan, setelah Idul Fitri pemilik perusahaan Arab Saudi itu berencana mengambil pasokan cuka kurma dari saya untuk dijual di sana," ujarnya.

 

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=1955480