Olahraga Aman Saat Puasa, Ahli: Jangan Dipaksakan

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 23 Apr 2021 15:44 WIB

Olahraga Aman Saat Puasa, Ahli: Jangan Dipaksakan. Warga berolahraga di halaman Jakarta International Velodrome, Ahad (18/4/2021). Velodrome menjadi salah satu tempat pilihan warga untuk berolahraga sekaligus menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Foto:

1

"Saya tidak akan menyarankan melakukan kardio yang membuat Anda lebih dari 60-65% dari upaya maksimal Anda,’’ kata Dally. 

Dirinya juga menyarankan menambah jumlah hari istirahat dalam berolahraga dibanding hari-hari di bulan biasanya. Namun, perlu diingat, Ramadhan adalah waktu refleksi sehingga masih perlu bagi kita untuk mengutamakan aspek spiritual.

Dua saran terakhir, datang dari ahli gizi pemenang perhargaan, Kawther Hashem. Menurutnya, perlu bagi orang berpuasa untuk memakan makanan tinggi serat dan kaya protein saat berbuka puasa. "Makanan berserat tinggi dicerna dengan lambat dan melepaskan energi secara perlahan,’’ katanya.

Terakhir, Hashem menyebut, perlu bagi yang berpuasa untuk menghindari konsumsi berlebih garam. Termasuk, kafein dan makanan yang bisa membuat Anda lebih haus.

 

Dirinya memberi pesan, alih-alih menyediakan banyak makanan asin dan menambahkan garam ke masakan, akan lebih baik jika menggantinya dengan berbagai rempah, lemon, dan jeruk nipis untuk menambah rasa pada makanan.

Terpopuler