Trik Turunkan Berat Badan Sambil Puasa Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Ahad 18 Apr 2021 08:35 WIB

Trik Turunkan Berat Badan Sambil Puasa Ramadhan Foto: www.freepik.com Trik Turunkan Berat Badan Sambil Puasa Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Ramadhan memang sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun jika Anda ingin menggunakan kesempatan puasa sekaligus untuk menurunkan beberapa kilogram bobot tubuh, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan.

Berbuka dengan menu seimbang

Baca Juga

Di bulan Ramadhan, metabolisme tubuh melambat sehingga kebutuhan energi tubuh otomatis berkurang. Saat menjelang buka puasa, anggaplah itu sebagai makan malam biasa yang Anda santap sepanjang tahun.

Setelah berbuka puasa, jangan langsung menikmati makanan sekaligus. Sebagai gantinya, istirahat, sholat, tunggu beberapa menit dan kemudian melanjutkan makan.

Ini akan memberi Anda perspektif tentang berapa banyak makanan yang benar-benar Anda butuhkan dan jika Anda mulai merasa puas, Anda akan tahu sekaranglah waktunya untuk berhenti.

Hindari gorengan

Faktor utama yang ternyata menjadi alasan di balik semua kenaikan berat badan selama bulan Ramadhan adalah makanan yang berminyak. Selama bertahun-tahun, orang menghindari makan makanan yang digoreng di usia awal remaja dan 20-an, tetapi ketika faktor usia memainkan perannya dan metabolisme melambat, saat itulah kenaikan berat badan terjadi.

Makanan yang digoreng mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisi. Ada banyak pilihan sehat yang harus dipilih daripada makanan gorengan yang sudah jadi khas Ramadhan.