Ramadhan Sarana Menempa Kesabaran, Tabah, dan Solidaritas

Red: Agung Sasongko

 Jumat 16 Apr 2021 17:17 WIB

Sejumlah warga membuat mural kaligrafi di Kampung Wisata Budaya Kaligrafi, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Jumat (16/4). Warga RW 02 Gang Raden Jibja berswadaya untuk menghias dinding gang dengan mural kaligrafi dari potongan hadits, ayat Alquran, hingga Asmaul Husna untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H serta memberikan suasana kampung yang unik dan bernuansa islami. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto:

Puasa harus memiliki dampak terhadap kehidupan sehari-hari.

Menurut dia puasa mesti menjadi teras diri agar dengan ketakwaan yang terus dibangun, melahirkan diri yang semakin bersih, suci lahir dan batin. Ramadhan juga harus bisa membuat umat semakin bersolidaritas, apalagi ketika dihadapkan pada berbagai bencana.

Saat ini beberapa wilayah di Indonesia tengah diuji dengan serangkaian bencana alam seperti banjir di NTT dan gempa di Jawa Timur. Begitu pula dengan bencana non alam pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih berlangsung.

"Setidaknya akan memiliki nilai lebih jika (bersedekah) ditingkatkan pada saat bulan puasa. Apalagi dalam situasi pandemi banyak orang yang terdampak pandemi COVID-19 dan bencana. Ini menjadi momentum yang tepat bagi kita dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X