6 Alasan Puasa Ramadhan Membawa Kebahagiaan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 14 Apr 2021 17:02 WIB

6 Alasan Puasa Ramadhan Membawa Kebahagiaan Foto:

1

Bahagia mendapat imbalan

Puasa adalah ibadah yang datang dengan pahala yang tidak terbatas. Itu saja sudah menjadi penyebab kebahagiaan bagi seseorang yang berpuasa.

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah saw bersabda, “Allah 'Azzawajalla berfirman dalam hadits qudsi: Semua amal perbuatan anak Adam-yakni manusia- itu adalah untuknya, melainkan berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan dengannya,” (HR Bukhari).

Bahagia karena sehat

Secara alami, kesehatan seseorang berkontribusi pada kebahagiaan mereka. Puasa dapat meningkatkan kekuatan hati dan jiwa.

Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang dirasakan seperti yang dibuktikan dalam banyak penelitian. Adanya peningkatan gabungan kesehatan yang baik untuk tubuh, hati, dan jiwa menambah kebahagiaan orang tersebut.

Bahagia karena keinginan diberikan

Saat berbuka puasa, ada saat di mana doa terkabul. Ini adalah kesempatan untuk meminta apa pun yang menyenangkan seseorang di dunia dan di akhirat.

Ibn Umar berkata, “Dulu dikatakan setiap Mukmin selalu ada doa yang terkabul pada saat berbuka puasa. Itu akan terpenuhi untuknya di dunia ini atau disimpan untuknya di akhirat,” (Cabang Iman, al-Bayhaqi- Hasan).

Terpopuler