Tiga Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Ramadhan Tiba

Red: Agung Sasongko

Jumat 09 Apr 2021 18:03 WIB

Jamaah melaksanakan sholat dzuhur di Masjid Istiqlal, Jakarta, (9/4). Pada Ramadhan tahun ini masjid Istiqlal melaksanakan sholat tarawih dengan membatasi jumlah kapasitas jamaah hanya untuk 2.000 orang atau setara 30 persen dari kapasitas masjid sebanyak 250.000 orang. Prayogi/Republika. Foto:

1

Diriwiyatkan ada seorang laki-laki mengadu pada Abu Hurairah ra. Laki-laki tersebut berkata kepada Abu Hurairah kerap lupa berpuasa dari hari pertama hingga hari ketiga. Abu Hurairah pun mengatakan,"Tidak apa-apa, Allah telah memberikan makan dan minum. Namun, Engkau adalah orang yang tidak terbiasa berpuasa," kata dia.

Hal ketiga yang perlu disiapkan umat Islam sebelum Ramadhan adalah bertobat. Tobat merupakan kesiapan hati menyesali dosa-dosa yang telah diperbuat dan berjanji untuk tidak mengunglani kembali. 

Rasulullah SAW ketika melihat hilal, beliau berdoa. "Ya Allah ya Tuhan kami, terbitkanlah ia (hilal) di atas kami dengan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kesehatan, penolak bala, keluasaan rizki, pertolongan untuk selalu mengerjakan shalat, puasa, dan membaca Alquran. Ya Allah, limpahkan keseamatan kepada kami, hingga kami dapat menyaksikan bulan Ramadhan dan dapat hidup selamat di dalamnya hingga berakhirnya Ramadhan. Sungguh Engkau telah mengampuni kami dan merahmati kami, wahai Tuhan."

(Disarikan dari Buku Ramadhan Bersama Rasulullah)