Tiga Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Ramadhan Tiba

Red: Agung Sasongko

Jumat 09 Apr 2021 18:03 WIB

Jamaah melaksanakan sholat dzuhur di Masjid Istiqlal, Jakarta, (9/4). Pada Ramadhan tahun ini masjid Istiqlal melaksanakan sholat tarawih dengan membatasi jumlah kapasitas jamaah hanya untuk 2.000 orang atau setara 30 persen dari kapasitas masjid sebanyak 250.000 orang. Prayogi/Republika. Foto: Prayogi/Republika. Jamaah melaksanakan sholat dzuhur di Masjid Istiqlal, Jakarta, (9/4). Pada Ramadhan tahun ini masjid Istiqlal melaksanakan sholat tarawih dengan membatasi jumlah kapasitas jamaah hanya untuk 2.000 orang atau setara 30 persen dari kapasitas masjid sebanyak 250.000 orang. Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak lama lagi, Ramadhan tiba. Tak salah bila kita mempersiapkan diri sebaik mungkin guna menyambut bulan suci. 

Ada tiga hal yang dilakukan Rasulullah SAW dan para sahabatnya ketika menyambut bulan suci Ramadhan. 

Baca Juga

Pertama, mempersiapkan diri dengan berpuasa. Diriwayatkan Aisyah ra, Rasulullah pernah berpuasa, sehingga kami mengatakan, beliau tidak bebruka, dan beliau pernah bebruka, sehingga kami mengatakan beliau tidak berpuasa. Belum pernah aku melihat Rasulullah mencukupkan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sunnah, dalam sebulan lebih banyak dari puasanya di bulan Syaban. (hr Bukhari. 

Kedua, memperbanyak bacaan Alquran. Anas bin Malik ra mengatakan, Äpabila bulan SYaban telah tiba, kaum muslimin langsung berkuat membaca Alquran, mereka juga mengeluarkan zakat harta guna meringankan kesulitan orang-orang yang lemah dan orang yang miskin dalam menghadapi puasa Ramadhan.

Dua amalan tersebut merupakan bentuk latihan yang paling penting sebelum Ramadhan tiba. Nantinya, umat Islam akan terbiasa melaksanakan puasa dan tidak kaget serta menghindari lupa saat menjalani puasa Ramadhan.