Ramadhan Kian Dekat, Begini Cara Membuatnya Lebih Baik

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 06 Apr 2021 05:55 WIB

Ramadhan Kian Dekat, Begini Cara Membuatnya Lebih Baik Foto:

1

Jadikan titik awal perubahan baik

Salah satu cara membuat Ramadhan ini berkesan adalah dengan menjadikannya sebagai titik awal untuk memurnikan karakter kita, memperbaiki diri kita. Seorang Muslim patut mengupayakan meninggalkan kesalahan yang biasa dilakukan dan mempraktikkan sesuatu ang benar. 

Kita punya waktu satu bulan untuk melatih diri kita sendiri untuk melakukan itu. Peluang perubahan menjadi lebih lebar di bulan Rmadhan karena ganjaran amal baik yang berlipat ganda dan bisikan jahat menjauh.

Di akhir bulan Ramadhan, kita memberikan zakat (amal wajib) yang merupakan penyucian kekayaan kita, tetapi ini adalah salah satu refleksi dari tazkiyya (pemurnian diri) yang harus kita kerjakan setiap bulannya, tidak hanya saat Ramadhan.

Perbanyak membaca dan mengkaji Alquran

Alquran yang diturunkan Allah di bulan ini adalah sumber penyucian diri dan bimbingan terbaik dalam kehidupan ini dan selanjutnya. Di bulan Ramadhan, seorang Muslim dianjurkan membaca Alquran dan merenungkan artinya lalu menyimpannya dalam hati dan kemudian mencerminkan kemurnian ini dalam tindakan.

Dengan banyak membaca Alquran dan mengkajinya, Allah akan menunjukkan kepada kita jalan yang benar dan petunjuk murni tentang apa yang harus dilakukan dalam hidup ini dan bagaimana menanganinya dengan benar.

Jadikan Ramadhan ini menjadi titik balik

Buatlah daftar hal-hal yang ingin diubah dari karakter Anda, seperti kebiasaan mudah marah kepada saudara atau orang tua, sifat ego, keras kepala atau kebiasaan buruk lain. Semua ini bisa menjadi hal yang harus dikerjakan untuk memurnikan diri dan karakter kita, tidak hanya untuk Ramadhan, tetapi untuk sisa tahun agar kita benar-benar menjadi umat yang bertaqwa.

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/can-make-ramadan-memorable/