Mengenalkan Anak Pentingnya Menyambut Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 05 Apr 2021 05:31 WIB

Mengenalkan Anak Pentingnya Menyambut Ramadhan Foto: Yogi Ardhi/Republika Mengenalkan Anak Pentingnya Menyambut Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan selalu menjadi waktu yang sangat spesial dan ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Karena di bulan ini, umat Islam berlomba-lomba mencari pengampunan dan keridhaan Allah.

Tapi tidak semua orang tahu bagaimana cara merasakan betapa spesialnya bulan Ramadhan ini, termasuk anak-anak. Sehingga sulit membuat mereka menerima kewajiban berpuasa satu bulan penuh. 

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, berikut ini cara mengenalkan kepada anak-anak untuk memahami apa itu Ramadhan. Orang tua harus duduk bersama anak-anak mereka untuk mengenalkan bulan Ramadhan.

Pertama, pilih waktu santai bersama anak sebelum datangnya Ramadhan, dan perkenalkan Ramadhan kepada anak-anak supaya mereka bisa mengerti. Perkenalkan Ramadhan kepada anak dengan memberikan contoh.

Ibaratkan Ramadhan sebagai sebuah sosok kesayangan anak. Kemudian tanyakan perasaannya saat orang kesayangan tersebut datang dan memberikan hadiah permen. Lalu hubungkan hal ini dengan datangnya bulan Ramadhan yang terjadi satu kali dalam setahun, dengan banyak manisan pahala yang datang dari Allah SWT.

Kedua, siapkan rencana tindakan sederhana untuk bersiap-siap bersama menyambut kedatangan tamu tersayang. Misalnya, dengan menyatukan rencana bersama mempersiapkan rumah dan diri sendiri untuk menyambut bulan puasa.